Pemprov Jambi Berhasil Raih WTP yang ke 11, Gubernur Al Haris : Temuan Segera Ditindaklanjuti

pemprov jambi berhasil raih wtp
Pemprov Jambi Berhasil Raih WTP yang ke 11

JAMBI, Jambiseru.com – Di bawah kepemimpinan Gubernur Jambi, Al Haris, pemerintah Provinsi Jambi berhasi meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ke-11 kalinya. Opini WTP yang diberikan BPK RI Perwakilan Jambi itu, merupakan hasil audit Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022.

Dikatakan Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI, Slamet Kurniawan, mengatakan, pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan. Selain laporan keuangan, pemeriksaan juga dilakukan terhadap implementasi dan rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Pemprov Jambi.

“Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan BPK atas LKPD Provinsi Jambi tahun 2022, maka BPK memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian,” sebutnya, saat memberikan sambutan pada Paripurna DPRD Provinsi Jambi, Selasa (23/5/2023).

Bacaan Lainnya

Ditambahkannya, dengan diraihnya Opini WTP kali ini, maka Pemprov Jambi telah berhasil mempertahankan Opini WTP yang kesebelas kalinya. Prestasi ini akan menjadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

“Namun demikian, atas keberhasilan yang telah dicapai tersebut, BPK masih menemukan beberapa permasalahan terkait pengelolaan keuangan daerah,” jelasnya.

Terkait berhasilnya Pemprov Jambi meraih Opini WTP yang ke-11 kalinya, Gubernur Jambi, Al Haris menyatakan sangat berterimakasih pada BPK RI. Selain itu juga kepada semua pihak, terutama OPD yang telah bekerja keras melakukan pengelolaan keuangan dengan baik.

Kendati demikian, Gubernur Al Haris menyatakan jika masih banyak kekurangan-kekurangan dalam pengelolaan keuangan. Kekurangan inilah yang akan dievaluasi dan diperbaiki.

“Di sini kelihatan masih banyak yang belum fokus dalam kerjanya. Untuk yang fokus kelihatan kerjanya,” tegasnya.

Al Haris juga meminta kepada DPRD Provinsi Jambi, untuk mengambil langkah – langkah terhadap staf-stafnya yang belum bekerja dengan sempurna.

“Terhadap temuan, saya harap kepada inspektorat untuk menindaklanjuti semua temuan tersebut. Sehingga semua temuan-temuan tersebut dapat segera diselesaikan,” ujarnya.

“Malam nanti kami akan langsung rapat bersama OPD untuk membahas tindak lanjut terhadap temuan tersebut,” tambahnya.

Sementara Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyatakan ucapan selamat kepada pemerintah Provinsi Jambi yang telah berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Selamat kepada pemerintah Provinsi Jambi yang telah berhasil meraih Opini WTP atas laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2022,” ujarnya. (tra)

Pos terkait