Di Acara Halal Bihalal Pemkab Kerinci, Wagub Sani Ajak Masyarakat Perkuat Persaudaraan

Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani saat menghadiri halal bihalal bersama Pemkab Kerinci.
Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani saat menghadiri halal bihalal bersama Pemkab Kerinci.Foto: Jambiseru.com

KERINCI, Jambiseru.com – Menghadiri acara halal bihalal antara pemerintah Provinsi Jambi dengan pemerintah Kabupaten Kerinci, Wakil Gubernur Abdullah Sani mengajak seluruh masyarakat untuk memperkuat persaudaraan, baik ukhuwah islamiyah basyariyah dan wathoniyah.

Acara yang digelar di ruang pola Kantor Bupati Kerinci pada Jumat (19/5/2023) itu, dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkup Pemkab Kerinci. Selain itu juga dihadiri para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda Kabupaten Kerinci.

“Pada hari ini kita bersama melaksanakan halal bi halal di Kabupaten Kerinci dengan tema “Mari Kita Sambung Silaturahmi Untuk Meningkatkan Kebersamaan”. Dengan kegiatan ini kita tingkatkan kekeluargaan, persaudaraan dan kebersamaan untuk membangun Provinsi Jambi dan Kabupaten Kerinci. Selain itu kita juga harus memperkuat persaudaraan/ukhuwah Islamiyah, Basyariyah dan Wathoniyah,” ujar Wagub Sani.

Bacaan Lainnya

Wagub Sani mengatakan, ada 3 konsep ukhuwah yaitu ukhuwah Islamiyah (Persaudaraan Sesama Muslim), ukhuwah Basyariah (Persaudaraan Sesama Manusia) dan ukhuwah Wathoniyah (Persaudaraan Sesama Bangsa).

Adapun ukhuwan Islamiyah ini merupakan konsep persaudaraan sesama muslim dengan menjadikan hubungan antar sesama umat Islam menjadi harmonis. Kedua, ukhuwah Basyariyah atau Insaniyah, merupakan sebuah prinsip yang dilandasi bahwa sesama manusia adalah bersaudara, dimana hubungan persaudaraan ini merupakan kunci dari semua persaudaraan, terlepas dari status agama, suku bangsa atau pun sekat geografis.

Kemudian ketiga ukhuwah Wathoniyah, yaitu dalam kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, konsep ini merupakan modal dasar untuk melakukan pergaulan sosial dan dialog dengan berbagai komponen bangsa Indonesia yang tentu saja tidak terbatas pada satu agama semata.

“Jika 3 konsep persaudaraan ini kita terapkan secara bersama, maka akan menjadi modal yang kuat dalam kebersamaan membangun Kabupaten Kerinci dan Provinsi Jambi menjadi lebih baik kedepannya,” kata Wagub Sani.

Lebih lanjut Wagub Sani menyampaikan, saat ini masih berada salam suasana bulan Syawal 1444 H. Untuk itu, atas nama Pemerintah Provinsi Jambi dirinya menyampaikan ucapan minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh warga masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kerinci.

“Izinkan kami atas nama Pemerintah Provinsi Jambi mengucapkan minal ‘aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Tentu dalam kepemimpinan kami ini banyak melakukan kesalahan. Mari kita buka lembaran yang baru dengan memperkuat silaturahmi, menyatukan niat dan langkah dalam membangun daerah,” kata Wagub Sani.

Sementara itu Bupati Kerinci Adi rozal mengatakan, dengan adanya acara halal bi halal ini, hubungan antar sesama menjadi lebih erat dan lebih dekat sehingga rasa persaudaraan, rasa kekeluargaan lebih harmonis dalam rangka memperkokoh ukhuwah Islamiyah untuk mewujudkan pembangunan di Provinsi Jambi dan Kebupaten Kerinci pada umumnya. (tra)

Pos terkait