Batam Akan Miliki Pelabuhan Baru : Untuk Tekan Biaya Logistik

Batam Akan Miliki Pelabuhan Baru
Foto istimewa.

Jambi Seru – Dalam beberapa tahun ke depan, Kota Batam akan memiliki pelabuhan baru. Pembangunan pelabuhan baru ini dilakukan pemerintah, guna menekan biaya logistik yang masih tinggi. Selain itu, juga sebagai upaya penataan pelabuhan di Indonesia agar lebih efisien.

Adanya rencana pembangunan pelabuhan baru di Kota Batam ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. Dikatakannya, pembangunan pelabuhan baru di Batam merupakan salah satu upaya pemerintah menurunkan biaya logistik di Indonesia yang masih cukup tinggi.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Kementrian Ingatkan Pengusaha Soal Hilirisasi Hasil Tambang

Bacaan Lainnya

“Saat ini biaya logistik masih sekitar 23 persen, sementara di negara lain sudah rata-rata 13 persen. Kami menargetkan biaya logistik turun sampai 17 persen pada tahun 2024, kalau bisa lebih cepat,” ujar Luhut dalam keterangannya pada Selasa (25/1/2022).

Menko Luhut juga menuturkan, bakal melakukan penataan pelabuhan-pelabuhan eksisting yang ada di Batam.

Untuk diketahui, saat ini di Pulau Batam terdapat sejumlah pelabuhan eksisting yaitu, Pelabuhan Batu Ampar, Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Nongsa Pura, Pelabuhan Batam Center, Pelabuhan Kabil, dan Pelabuhan Telaga Punggur.

Pos terkait