Tangkuban Perahu Muntahkan Abu 200 Meter, Warga Diimbau Jauhi Kawah Ratu

Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat, erupsi serta mengeluarkan abu vulkanik, Jumat (26/7/2019) sore sekitar pukul 16,00 WIB. [Twitter]
Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat, erupsi serta mengeluarkan abu vulkanik, Jumat (26/7/2019) sore sekitar pukul 16,00 WIB. [Twitter]

JAMBISERU.COM – Gunung Tangkuban Perahu yang berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, mengalami erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik. Erupsi itu terjadi pada Jumat (26/7/2019) sekitar pukul 15.48 WIB.

BACA JUGA : Almarhum Bripka RE Kagumi Kapolri, Kakak Kandung: Anak Kedua Namanya Tito

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi ± 5 menit 30 detik,” ucap Kepala PVMBG Kasbani melalui keterangan tertulis.

Bacaan Lainnya

Menurut Kasbani, tinggi kolom abu yang teramati sekitar 200 meter di atas puncak atau sekitar 2.284 MDPL. Saat ini, gunung api aktif itu berada pada status level I.

Kasbani pun mengimbau agar masyarakat di sekitar gunung dengan ketinggian 2.084 meter itu tidak diperbolehkan untuk mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas.

“Masyarakat di sekitar gunung Tangkuban Parahu dan pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar Kawah Ratu dan Kawah Upas dan tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu,” jelasnya.

“Serta ketika cuaca mendung dan hujan dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia,” tambahnya.

BACA JUGAKomentar Richard Mainaky soal Performa Jeblok Tontowi / Winny di Japan…

Selain itu, masyarakat juga wisatawan di sekitaran gunung Tangkuban Parahu pun diimbau untuk tetap waspada lantaran dikhawatirkan terjadi letusan freatik yang bersifat tiba-tiba tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas. (ndy)

Pos terkait