Menpora: Stadion Papua Bangkit Layak untuk Olimpiade dan Piala Dunia

Menpora Imam Nahrawi meninjau Stadion Utama Papua Bangkit, Jumat (21/6/2019). (Dok. Kementerian Pemuda dan Olahraga).
Menpora Imam Nahrawi meninjau Stadion Utama Papua Bangkit, Jumat (21/6/2019). (Dok. Kementerian Pemuda dan Olahraga).

JAMBISERU.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menilai megahnya Stadion Utama Papua Bangkit, yang pembangunannya telah mencapai 100 persen, tidak hanya dipersiapkan untuk ajang lokal macam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Oktober tahun 2020, tetapi juga bila Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 dan Piala Dunia 2034!

BACA JUGA : Diminta Hadirkan SBY di Sidang, BW: Ahli Kubu 01 Pakai Argumen…

Menpora juga menilai Stadion Papua Bangkit di Sentani, Papua ini akan menjadi ikon baru stadion Tanah Air setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta.

Bacaan Lainnya

Apa pun itu, Imam Nahrawi merasa gembira progres pembangunan infrastruktur olahraga untuk PON Papua telah sesuai dengan prosentase standar yang ditetapkan oleh instruksi presiden.

“Saya senang dan bangga atas percepatan pembangunan infrastruktur untuk PON Papua ini. Stadion Papua Bangkit ini bisa menjadi ikon baru setelah SUGBK, karena ada beberapa standar yang yang telah berstandar dunia, seperti rumputnya berstandar FIFA, lintasan atletiknya dan beberapa venue lainnya,” jelas Menpora usai meninjau langsung Stadion Papua Bangkit di Papua, Jumat (21/6/2019).

Pembangunan Stadion Papua Bangkit ini juga menurut Menpora, sebagai persiapan Indonesia bila dipercaya menggelar multievent level dunia.

“Stadion ini bisa juga dalam rangka persiapan Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Olimpiade 2032, lebih-lebih setelah itu Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 yang butuh stadion berstandar FIFA,” papar Imam.

“Masyarakat Indonesia saya kira betul-betul menyambut dengan gembira pelaksanaan PON 2020 ini, karena masyarakat Papua telah siap menyambut kehadiran seluruh kontingen PON dari seluruh Indonesia,” tambahnya.

Terkait beberapa venue PON lainnya yang belum siap, Menpora tetap merasa optimis dan mempercayakan proses pembangunannya kepada Kementerian PUPR.

BACA JUGA : Jokowi Diklaim Tak Hadiri Pelatihan Saksi, BPN Bongkar Jejak Digital

“Seperti yang saya dengarkan tadi bahwa semua sedang on progress pembangunan, dan saya sangat percaya dengan kinerja Kementerian PUPR. Teman-teman provinsi ini terlebih memiliki pengalaman Asian Games (2018) lalu,” tutur pria asal Bangkalan yang hari ini juga meninjau Istora Papua Bangkit, Stadion Aquatik dan venue softball di Universitas Cendrawasih tersebut. (ndy)

Pos terkait