Wamena Mulai Kondusif, Aktivitas Ekonomi Kembali Menggeliat

Warga Wamena mengungsi ke Polres Jayawijaya, pascademo yang berujung tindakan anarkis, Senin (23/9/2019). (Antara/Marius Frisson Yewun)
Warga Wamena mengungsi ke Polres Jayawijaya, pascademo yang berujung tindakan anarkis, Senin (23/9/2019). (Antara/Marius Frisson Yewun)

JAMBISERU.COM – Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan, situasi dan kondisi di Wamena, Papua mulai berangsur pulih. Warga mulai beraktivitas seperti sediakala dan roda perekonomian pun mulai berputar kembali.

BACA JUGA : RHK di Simpang Mayang Buat Pengendara Ragu, Ini Kata Dishub Jambi

“Situasi mulai pulih dan berangsur normal. Aparat keamanan akan terus menjaga situasi, sekaligus terus mengembangkan penyidikan untuk melakukan pengejaran terhadap para pelaku kerusuhan,” kata Paulus kepada wartawan, dilansir dari laman Suara.com (media partner Jambiseru.com), Kamis (3/10/2019).

Bacaan Lainnya

Terkait hal itu, Paulus menyebut pihaknya pun telah menahan tujuh tersangka kerusuhan yang terjadi di Wamena.

Di sisi lain Paulus juga memastikan pihaknya akan terus melakukan pengejaran terhadap pelaku kerusuhan lainnya.

Adapun situasi dan kondisi Wamena yang telah berangsur pulih diharapkan akan diikuti dengan mempercepatnya pemulihan ekonomi dan sosial.

Paulus pun mengklaim bahwa pasar yang menjadi pusat kegiatan masyarakat seperti di Jalan Irian, Wamena pun telah beroperasi.

Sementara itu, ditengah kota seperti di jalan Trikora juga sudah mulai ramai dilalui kendaraan para pegawai yang hendak menuju lokasi kerjanya.

“Mulai menggeliatnya kegiatan sehari-hari menandakan kota tersebut mulai berangsur normal,” ungkapnya.

Berkenaan dengan itu, Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta pun berharap pemulihan perekonomian di Wamena Papua bisa berjalan dengan cepat.

Menurutnya, perdagangan bahan kebutuhan pokok memberikan kontribusi kedua terbesar sekitar 16,5 persen bagi perekonomian Wamena, setelah sektor transportasi dan pergudangan yang menyumbang 18,7 persen.

BACA JUGAKondisi Politik Kondusif, Rupiah Diprediksi Berbalik Menggilas Dolar AS

“Saya berharap hal-hal positif yang sudah terjadi di Papua, baik itu pertumbuhan ekonomi dan situasi politik serta sosial yang kondusif tetap terjaga agar sama majunya dengan wilayah Indonesia lainnya,” kata Arif. (ndy)

 

Pos terkait