Samsung Galaxy Z Lipat 3, Hadir dengan S Pen dan Engsel Tunggal?

Ilustrasi Samsung Galaxy Z lipat 3
Ilustrasi Samsung Galaxy Z lipat 3

Jambiseru.com – Smartphone Samsung Galaxy Z Lipat 3, dikabarkan akan segera diluncurkan. Seperti apa gadget canggih ini?

Samsung Galaxy Z Fold 3 (bukan nama resminya) kembali muncul dan menjadi trending setelah adanya laporan yang mengklaim bahwa ponsel Samsung keluaran terbaru ini, akan dilengkapi S-Pen. Menurut laporan ini juga, Samsung mulai mengajukan hak paten untuk produk keluarannya ini pada bulan April.

Hak paten ini juga menjelaskan secara rinci mengenai rencana Samsung untuk menciptakan ponsel lipat masa depan yang kompatibel dengan S-Pen. Menariknya, berdasarkan sketsa yang didapat juga menunjukkan desain engsel tunggal untuk mekanisme lipat, tidak seperti engsel ganda yang dikabarkan baru-baru ini.

Bacaan Lainnya

Samsung dilaporkan mengajukan hak paten ke Kantor Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) untuk perangkat lipat dengan S Pen. Gambar sketsa ini, seperti dilansir LetsGoDigital, memperlihatkan ponsel lipat dengan mekanisme mirip Samsung Galaxy Z Fold 2, dengan slot S Pen di salah satu panel lipatnya.

Baca Juga : Harga Samsung Galaxy A50, A50s, A51 dan Perbedaan Spesifikasinya

S-Pen mungkin terletak di pojok kiri atas ponsel atau kanan bawah. Jika diperhatikan, desain S-Pen sepertinya memiliki desain yang mirip dengan yang terlihat pada seri Galaxy Note 20.

LetsGoDigital, bekerja sama dengan desainer Jermaine Smit, membagikan beberapa konsep tidak resmi dari Galaxy Z Fold 3 yang dilengkapi dengan S-Pen ini. Menurut hasil rendernya, S-Pen ditempatkan di kanan bawah ponsel, di sebelah port USB Type-C.

Samsung mungkin menggunakan Active Electrostatic Solution (AES) sebagai ganti resonansi elektromagnetik. Alasan di balik ini adalah bahwa resonansi elektromagnetik (EMR) berfungsi dengan baik dengan layar biasa seperti seri Galaxy Note 20 tetapi tidak akan berfungsi secara optimal dengan layar yang dapat dilipat seperti Galaxy Z Fold 3, sehingga digunakan teknologi AES yang berfungsi baik dengan spesifikasi layar Samsung galaxy Z Fold 3 ini.

Baca Juga : Samsung Bakal Rilis Ponsel Bisa Dilipat Vertikal?

Laporan lain melaporkan sketsa produk dari paten yang diajukan ke Kantor Kekayaan Intelektual Korea (KIPO), menunjukkan engsel ganda dan desain tiga layar lipat untuk Samsung Galaxy Z Fold 3. Sketsa itu tidak menyertakan S Pen tetapi memiliki keyboard geser dengan layar sentuh tombol yang sensitif.

Perlu dicatat bahwa render yang dibagikan oleh LetsGoDigital tidak resmi. Samsung juga belum secara resmi membagikan informasi apa pun tentang Galaxy Z Fold 3. Nampaknya kita harus bersabar menunggu peluncurannya.(*)

Pos terkait