Korem 042/Gapu Gelar Tes Kesegaran Jasmani Periodik

korem
Suasana Tes Kesegaran Jasmani Periodik Korem 042/Gapu. Foto: Istimewa

JAMBISERU.COM, Jambi – Personel Korem 042/Gapu dan jajaran mengikuti Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I Tahun 2019 di Lapangan KONI Jambi, Pasar Kota Jambi, Senin (24/6/2019).

Kegiatan diawali dengan pengukuran tensi darah oleh tim Kesehatan RS Bratanata Jambi. Hanya personel yang dinyatakan memenuhi syarat diperbolehkan mengikuti, sedangkan yang tidak memenuhi syarat tidak diperbolehkan.

“Kegiatan itu dilaksanakan untuk mengetahui kondisi kesehatan prajurit. Sedangkan tes Garjas mengetahui kemampuan fisik prajurit demi untuk meningkatkan ketangkasan prajurit Korem 042/Gapu, guna menunjang pelaksanaan tugas pokok,” kata Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy,M,Sc,S.S.

Bacaan Lainnya

Kajasrem 042/Gapu Kapten Inf Yazirman menuturkan, pelaksanaan tes Garjas dimulai sejak 24 Juni Senin sampai 28 Juni 2019.

“Dibagi per gelombang. Untuk hari ini satuan yang melaksanakan tes yakni Denzibang, Denbekang, Denpal, Minvetcad, Denkes serta Denhub, sedang pada hari Selasa esok yakni Makorem, Ajenrem dan Denpom,” katanya.

Kemudian untuk Rabu sampai Kamis mendatang adalah satuan Kodim 0415/Batanghari dan Pamen yang bertugas di luar Garnizun Jambi jajaran Korem 042/Gapu.

“Tes Garjas meliputi tes Kesegaran A, yakni Lari 12 menit serta Kesegaran B mulai Pull Ups, Sit Ups, Lunges, Push Ups, Shuttle Run serta Materi Ketangkasan yakni Renang Dasar 50 meter. Tantangan tugas yang dihadapi ke depan di satuan kewilayahan semakin berat. Hal ini tentunya dibutuhkan fisik yang prima dalam pelaksanaan tugas tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan pembinaan fisik secara teratur, salah satunya melalui pelaksanaan tes garjas periodik ini,” katanya.

Dalam pelaksanaan tersebut, tambah Yazirman, seluruh prajurit akan dinilai secara perorangan. Jika nantinya terdapat prajurit yang belum mencapai standar nilai kelulusan yang ditetapkan, termasuk postur prajurit yang overweigth.

“Maka sesuai Surat Telegram Pangdam II/Swj, yang bersangkutan akan melakukan pembinaan fisik tersendiri dan diberikan pelatihan secara khusus sampai mencapai nilai yang ditentukan oleh TNI Angkatan Darat,” ucapnya. (put)

Pos terkait