Sinopsis Film Anak Indonesia Terbaik

  • Whatsapp
Film Anak Indonesia Terbaik. (Ist)
Film Anak Indonesia Terbaik. (Ist)

Sinopsis Film Anak Indonesia Terbaik

JAMBISERU.COM – Sebanyak 16 cerita hebat telah berhasil diproduksi menjadi 16 film pendek oleh hampir 700 pelajar dan talenta lokal dari 16 kotamadya dan kabupaten, dengan semangat merayakan Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli

Bacaan Lainnya

Baca Juga : Film Barat Baru Leave The World Behind, Julia Robert-Denzel Beradu Akting

Inilah sinosis 16 film pendek Viu Shorts! Season 2:

1.Memargi Antar (Klungkung),

Mepandes dalam tradisi masyarakat Bali merupakan upacara potong gigi yang tujuannya menghilangkan sifat-sifat sad ripu dalam diri manusia.

Sad ripu artinya sebagai enam musuh yang ada dalam diri manusia, yaitu kama (hawa nafsu), lobha (keserakahan), kodha (amarah), mada (bermabuk-mabukan), matsarya (iri hati) dan moha (kebimbangan).

2.Kalang Obong (Kendal),

Kalang Obong adalah upacara yang telah dilakukan secara turun temurun oleh suku Kalang di daerah Kendal Upacara ini bertujuan mengirimkan barang-barang kesukaan dari almarhum dengan cara dibakar agar arwah yang bersangkutan dapat hidup tenang di alamnya yang telah berbeda dari orang-orang yang masih hidup.

3.Penari Larangan (Majalengka),

Dahulu kala ada sepasang suami istri, dimana istrinya yang seorang sinden sangat sibuk dengan jadwal pentasnya yang padat sehingga rumah tangganya terbengkalai.

Larangan si suami tidak digubris sehingga membuat suaminya mengutuk dan membuat istrinya mendapatkan malapetaka.

Di Desa Sukaraja Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka, kutukan tersebut masih dipercaya sampai sekarang. Jika ada perempuan desa yang menari di panggung, maka tiba-tiba akan ada hujan dan angin kencang, seakan-akan merupakan larangan bagi perempuan desa untuk menari.

4.Kakaluk Fulan Fehan (Atambua),

Dahulu kala saat bumi dipenuhi air laut, ada seorang raja. Raja Mau Si’at.
Dia memiliki seorang putri yang sangat cantik, karena kecantikannya itu bulan pun jatuh hati kepadanya dan menjelma menjadi manusia yang bernama Fula Mauk.

Suatu ketika sang putri itu pun hamil dan diasingkan disebuah daratan bersama seorang dayang. Setiap bulan purnama mereka bertemu di daratan itu yang bernama Fulan Fehan.

5.Dawuk (Cilacap),

Lengger Dempet salah satu dari sekian banyak cerita rakyat di Cilacap.

Konon katanya dahulu ada seorang penari yang selalu menggendong anaknya kemanapun dia menari. Hingga suatu hari anaknya jatuh sakit dan meninggal dunia. Sang ayah yang sungguh terpukul lantas membuat boneka kayu dan memahatnya mirip dengan wajah anaknya.

Baca Juga : Mau Nonton Film Barat Romantis? Ini Daftarnya

Boneka tersebut digendong, lalu dibawa mengamen dari rumah ke rumah. Anehnya keadaan ini malah membawa keberuntungan bagi penarinya. Kisah ini telah berkembang dan terkenal hingga. (*)

Baca selengkapnya di partner kami, Cinemags.co.id

Pos terkait