Masih Minim Bantuan, Pengungsi Banjir Mulai Terserang Penyakit

banjir-lebak-banten
Suasana pengungsian akibat bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Lebak, Banten. (Suara.com/Yandhi Deslatama)

Masih Minim Bantuan, Pengungsi Banjir Mulai Terserang Penyakit

JAMBISERU.COM – Para pengungsi bencana banjir bandang di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengaku butuh sejumlah kebutuhan. Mereka tidur hanya beralaskan terpal tanpa bantal dan selimut, sehingga kedinginan di malam hari. Apalagi ditambah guyuran hujan yang mendera.

BACA JUGA : Jakarta Dikepung Banjir, HBA: Ini Bukti Ibukota Harus Pindah

Bacaan Lainnya

“Ngungsi takut ada (bencana) susulan. Kamar mandi, sama selimut dibutuhin banget. Makan mie pakai telor,” kata salah satu pengungsi, Fatmawati (41), ditemui di lokasi pengungsian yang berada di lapangan futsal, Kamis (02/01/2020).

Di lokasi pengungsian nampak anak kecil, wanita dan kaum pria tak bisa tidur. Mereka kedinginan dan khawatir bencana banjir bandang dan longsor terjadi kembali.

Bahkan ada seorang anak menangis saat tidur di lengan ibunya. Ada juga sang anak tidur di ketiak ibunya sebagai penghangat dari dinginnya cuaca di wilayah yang masuk ke dalam kawasan Gunung Halimun Salak itu.

“Baru (makan) nasi doang sama telor, sekarang belum ada bantuan. Yang dibutuhin selimut, anak-anak pada kedinginan, karpet alat buat tidur yang kurang di sini. Cuma ada pakaian di badan, enggak sempet ganti baju, pada kedinginan,” kata salah satu warga, Sudira (35).

Dia bercerita saat terjadi bencana, gunung di perkampungannya terbelah karena sebagian besar tanahnya longsor.

“Di atas Kampung Jaha (Kecamatan Lebak Gedong) gunungnya sudah belah, pada ngungsi semua, longsor, Desa Banjar Sari, satu kampung diungsikan semua,” ungkapnya dilansir Suara.com–media partner Jambiseru.com.

Menurut keterangan Camat Lebak Gedong, Wahyudin, jumlah pengungsi di lapangan futsal berjumlah 400 orang. Dia mengaku bantuan masih terbatas karena akses jalan yang belum bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

Warga yang rumahnya tidak mengalami kerusakan pun sudah diperintahkan untuk mengungsi, guna menghindari bencana susulan.

“Untuk Selimut insyallah (segera dipenuhi), karena kita yang terpenting membuka akses transporatsi menuju lokasi pengungsian. Karena semua fasilitas dan bantuan kalau akses belum kita buka akan menghambat terhadap pemberian,” kata Wahyudin.

Warga yang berada di lokasi pengungsian juga mulai mengalami penyakit, seperti batuk, pilek dan masuk angin. Sehingga pengobatan dilakukan oleh tenaga medis dari Dinkes Kabupaten Lebak, Dokkes Polda Banten dan tenaga medis dari klinik setempat.

“Untuk pengobatan kita usahakan semaksimal mungkin. Sampai malam ini kita terus pantau setiap tiga jam. Kalau ada yang sakit kita bawa ke klinik dan puskesmas,” katanya.

124 Gardu Listrik Dipadamkan

Sementara itu, pihak PLN memutuskan memadamkan 124 gardu listrik di wilayah Kabupaten Lebak, lantaran terendam banjir. Pemadam listrik juga dilakukan guna mengantisipasi terjadinya korsleting dan demi keamanan warga.

“Banjir kali ini di kecamatan Cipanas dan sekitarnya kita ada 124 yang saat ini padam. Padam mulai jam 08.00 WIB pagi tadi, kita sudah mulai mengamankan jaringan kita yang awalnya gardu nyala, karena cuaca kurang bagus kita padamkan,” kata Manager PLN UP 3 Banten Selatan, Sumarsono, Rabu (01/01/2020).

Bahkan sejumlah tiang listrik bertumbangan, karena terkena hantaman banjir, tanah longsor dan amblas. Karenanya, hingga berita ini ditulis pada Kamis, 02 Januari 2020 dini hari, sejumlah wilayah di lokasi bencana banjir dan longsor di Kabupaten Lebak, seperti Kecamatan Cipanas, Cimuncang dan Sajira gelap gulita.

“Setelah jalan dibetulkan, kita akan melakukan perbaikan. Ada tiang yang perlu kita ganti, kita langsung ganti,” katanya.

Polda Banten mengaku telah menerjunkan ratusan personelnya untuk membantu proses evakuasi, pembersihan rumah dan bangunan, hingga tim kesehatan untuk membantu para korban bencana banjir dam longsor.

“Kita terjunkan ratusan personil dari Brimob, Dirpolair, Polres terdekat maupun lainnya melakukan backup, dilengkapi dengan sarana dan prasarana seperti perahu karet, Bidokkes dan lainnya,” kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardy, ditemui di Mapolsek Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (02/01/2020). (put)

Pos terkait