Ini Daftar Provinsi Paling Bahagia di Indonesia: Salah Satunya Jambi

Turnament Futsal HUT Jambi
Gubernur Jambi saat membuka turnamen Futsal. Provinsi Jambi masuk daftar provinsi paling bahagia di Indonesia. (dok)

Jambi Seru – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis daftar provinsi paling bahagia di Indonesia. Dari 10 teratas provinsi paling bahagia, tak ada satu pun yang berasal dari Pulau Jawa.

Penilaian untuk daftar provinsi paling bahagia di Indonesia, diukur BPS dari tingkat kebahagiaan masyarakatnya. Kebahagiaan masyarakat ini menjadi bahan pertimbangan pengambilan keputusan terkait kebijakan publik dan pembangunan nasional.

Survei terkait kebahagiaan masyarakat di setiap provinsi ini dilakukan BPS setiap tiga tahun sekali.

Bacaan Lainnya

Mengutip dari laman Inews.id, dari artikel yang berjudul 10 Provinsi Paling Bahagia di Indonesia, Tak Ada dari Pulau Jawa, metode pengukurannya berdasarkan tiga dimensi, yakni kepuasan hidup, perasaan, dan makna hidup. Terakhir, BPS mengeluarkan hasil indeks kebahagiaan pada 2021, setelah penghitungan sebelumnya pada 2014 dan 2017.

Berikut ini daftar provinsi paling bahagia di Indonesia seperti dikutip dari laman BPS.go.id, Jumat (25/11/2022).

1. Maluku Utara

Posisi pertama ditempati Maluku Utara sebagai provinsi paling bahagia di Indonesia. Indeks kebahagiaannya sebesar 76,34.

Meski tingkat Produk Domestik Bruto Regional (PDBR) rendah, Maluku Utara memiliki tingkat kebahagiaan tinggi karena beberapa faktor. Masyarakat Maluku Utara disebut menjalin hubungan sosial yang baik dan lebih menghargai makna hidup.

2. Kalimantan Utara

Urutan kedua dipegang oleh Kalimantan Utara dengan indeks kebahagiaan sebesar 76,33. Hanya terpaut 0,1 dari Maluku Utara.

Gubernur Kalimantan Utara, Zainal A. Paliwang mengatakan, kebahagiaan bukan hanya berasal dari material, tetapi peningkatan taraf hidup masyarakat dan keseharian hidup rukun bertetangga. Ia berharap akan ada peningkatan di survei selanjutnya dengan membenahi aspek yang menentukan indeks kebahagiaan.

Pos terkait

banner pln