Sah, Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK Tahun Ini Dibuka, Catat Ini Jadwalnya

Penerimaan P3K di Muaro Jambi
Ilustrasi Test CPNS. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Akhirnya pendaftaran seleksi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini dibuka oleh pemerintah. Andai tidak ada perubahan lagi, maka pembukaan pendaftaran akan dimulai akhir bulan Juni 2021 ini.

“BKN masih berupaya akhir Juni pendaftaran sudah bisa dimulai,” kata Kepala Badan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, Jumat (18/6/2021).

Menurutnya, proses pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK akan dibuka secara bersamaan. Sehingga pelamar hanya bisa melamar untuk satu pilihan saja.

Bacaan Lainnya

“Iya serempak, karena hanya boleh memilih satu formasi,” tuturnya.

Jadwal seleksi CPNS 2021 ini diupayakan agar dapat dilaksanakan pada akhir Juni ini. Nantinya, pendaftaran CPNS 2021 hanya dibuka melalui satu portal saja, yakni Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN melalui link sscasn.bkn.go.id.

Saat ditanya apakah ada kemungkinan mundur lagi, Bima menyebut semua itu tergantung dari kesiapan formasinya yang ditetapkan KemenPAN-RB. Sebab, masih ada beberapa kabupaten/kota belum selesai formasinya.

“BKN sudah siap, tinggal formasinya belum masuk semua. Sebagian besar sudah siap, tapi ada yang minta revisi dan minta pembatalan karena masalah anggaran,” bebernya.

Rekrutmen CPNS terdiri dari tiga tahapan seleksi, yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS yang akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Mengingat pembukaan pendaftaran belum ditentukan, bagi kamu yang mau mendaftar sebagai abdi negara, dapat mengecek kembali jadwal seleksi CPNS 2021. (tra)

Sumber : Detik.com

Pos terkait