Indonesia Evakuasi 120 Pengungsi Rohingya dari Lautan

Evakuasi 120 Pengungsi Rohingya
Pengungsi Rohingya Dievakuasi dari Laut ke Daratan Aceh. [Antara]

Jambiseru.com – Pemerintah Indonesia melakukan evakuasi pada 120 pengungsi Rohingya dari lautan. Setelah sebelumnya para pengungsi ini terombang-ambing di lautan selama beberapa hari.

Proses evakuasli dilakukan pada Kamis (30/12/2021) malam. Para pengungsi tersebut ditempatkan di daerah Aceh.

Baca Juga : 
IG Cassandra Angelie Diserbu Pasca Artis Inisial CA Terjerat Prostitusi

Bacaan Lainnya

Kapal yang membawa pengungsi Rohingya itu mengalami kerusakan sehingga berlabuh di Pelabuhan Asean, Kreung Gekeuh, sekitar pukul 23.58 WIB. Kapal itu ditarik oleh KRI Parang-647 milik TNI AL dari laut lepas.

Demikian dikatakan Protection Associate of UNHCR Oktina, seperti dikutip dari suara.com (media partner jambiseru.com), Jumat (31/12/2021).

“Jadi memang yang harus kita pikirkan sekarang adalah keselamatan jiwa mereka karena sudah lama terombang-ambing di lautan,” katanya.

Saat mendarat para pengungsi yang mayoritas perempuan dan anak-anak tersebut dalam kondisi lemas dan kedinginan, karena cuaca yang diguyur hujan.

Mereka lalu mengikuti serangkaian skrinning pemeriksaan kesehatan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, sebelum dievakuasi ke tempat penampungan sementara.

“Informasi awal masih berkisar sekitar 120 orang, nanti kita akan lihat dan akan kembali melakukan penghitungan ulang seperti biasanya,” kata Oktina.

Baca Juga : 
Timnas Thailand Resmi Didiskualifikasi dari Piala AFF karena Doping? Ini Faktanya

Para pengungsi Rohingya tersebut akan dibawa ke tempat penampungan sementara di Balai Latihan Kerja (BLK) Lhokseumawe.

“Di BLK sudah siap semuanya, dengan air bersih hingga tempat tidur yang layak. Mereka akan mengikuti karantina sesuai protokol kesehatan selama 14 hari,” tukasnya.(tra)

Sumber : Suara.com (media partner Jambiseru.com)

Pos terkait