Timnas Thailand Resmi Didiskualifikasi dari Piala AFF karena Doping? Ini Faktanya

Timnas Thailand Resmi Didiskualifikasi
Para pemain Timnas Thailand merayakan gol ke gawang Timnas Vietnam pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium Singapura, Kamis (23/12/2021) malam WIB. [Roslan RAHMAN / AFP]

Jambiseru.com – Beredar isu yang mengatakan timnas Thailand resmi didiskualifikasi dari Piala AFF 2020 karena masalah doping tersebar luas di media sosial. Ini fakta sebenarnya.

Kabar timnas Thailand didiskualifikasi lantaran salah satu pemainnya diduga menggunakan doping mencuat sehari jelang leg kedua final Piala AFF 2020.

Baca Juga :
Shin Tae-yong Yakin Indonesia Kalahkan Thailand di Leg Kedua Final Piala AFF 2022

Bacaan Lainnya

Isu itu salah satunya disebarkan oleh kalan YouTube Jenderal Lebah pada Kamis (30/12/2021).

Video berjudul “Kabar Baik Timnas Indonesia! Thailand Didiskualifikasi Usai Langgar Aturan AFF” itu telah disaksikan sekitar 2,2 juta kali.

Informasi yang terkandung dalam video itu ramai diperbincangkan. Jika benar, maka timnas Indonesia akan otomatis dinobatkan sebagai juara Piala AFF 2020 meski di leg pertama final kalah telak 0-4.

Meski demikian, pihak Piala AFF hingga kini belum menyampaikan informasi apapun terkait hal itu. Laman resmi mereka pun justru membagikan artikel perihal preview duel Thailand vs Indonesia di leg kedua yang diunggah hari ini, Jumat (31/12/2021).

Artinya, isu yang beredar terkait timnas Thailand didiskualifikasi karena masalah doping bisa dianggap sebagai berita palsu alias hoax.

Jika ditelusuri lebih lanjut, kabar hoax itu dipercaya muncul berdasarkan kasus doping yang dijatuhi Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Thailand.

Baca Juga : 
Wajah Ketum PSSI Disilang : Usai Timnas Indonesia Kalah Lawan Thailand

WADA menjatuhkan sanksi kepada Thailand pada Oktober 2021 karena dianggap tidak menjalankan secara maksimal tes doping tahun ini.

Pos terkait