Catat, Ini 4 Pemicu Kecelakaan di Tol Menurut Peneliti UGM

  • Whatsapp
4 Pemicu Kecelakaan di Tol
Mobil Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah yang mengalami kecelakaan di Tol Jombang. (Ist)

Jambiseru.com – Kasus kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel di Tol Jombang menjadi sorotan publik, termasuk Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gadjah Mada atau UGM Iwan Puja Riyadi. Tercatat ada 4 pemicu kecelakaan di tol menurut pihak peneliti UGM tersebut.

Empat faktor yang kerap menjadi penyebab kecelakaan kendaraan di jalan bebas hambatan atau jalan tol, terdiri dari beberapa faktor. Pemicunya yaitu dari pengemudi, kendaraan, lingkungan jalan serta cuaca.

Baca Juga : Mantan Dirut Askrindo Ditetapkan Jadi Tersangka

“Kecelakaan yang terjadi pada umumnya tidak hanya disebabkan oleh satu faktor, melainkan hasil interaksi antarfaktor,” kata Iwan, Senin (8/11/2021).

Faktor pengemudi yang bisa menjadi penyebab kecelakaan, menurut dia, misalnya kondisi pengemudi yang sedang mengantuk, tidak fokus, atau kelelahan, menyetir di bawah pengaruh obat-obatan, narkotika, alkohol, atau menyetir sambil melihat gawai baik telepon genggam atau tablet.

Selain itu, lanjut dia, kecelakaan bisa disebabkan pengemudi yang belum menguasai teknik menyetir, atau melakukan kesalahan bereaksi saat menyetir baik panik atau reaksi yang terlalu lambat.

Pos terkait