SIM Mati di Tengah Pandemi, Pengendara Tak Akan Ditilang

  • Whatsapp
kapolres
Kapolres Muaro Jambi, AKBP Ardiyanto. Foto : Doni/Jambiseru.com

SIM Mati di Tengah Pandemi, Pengendara Tak Akan Ditilang

JAMBISERU.COM – Kagar gembira bagi pemilik surat izin mengemudi (SIM) yang masa waktunya sudah kadaluarsa atau “mati”. Selama pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19), polisi khususnya jajaran Polres Muaro Jambi, tidak akan menindak dengan penilangan.

Bacaan Lainnya

Baca JugaMau Urus SIM/STNK? Ini Jadwal Pembukaan Layanannya

Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto menegaskan bahwa selama pandemic covid-19, polisi menerapkan polisi yang humanis. Artinya, tidak ada tindakan tegas untuk pelanggaran ringan kecuali dalam bentuk teguran-teguran. Termasuk soal SIM mati.

“Untuk sekarang penegakan hukum dikendorkan, jarang dilakukan tilang-tilang karena pandemic covid,” tegas Kapolres Muaro Jambi kepada Biru (Jambiseru) via ponselnya, Jumat (29/5/2020).

Sementara, untuk di Muaro Jambi, sampai hari ini masih melayani pengurusan SIM. Tetapi dengan menerapkan standar prosedur atau protokol Covid-19.

“Misalnya pakai masker, cek suhu badan dan cuci tangan baru kita layani,” bebernya.

Kasatlantas Polres Muaro Jambi melalui Kanit SIM Polres Muaro Jambi Aipda Ahyamudin menambahkan, karena masih di dalam pandemi covid-19, polisi memberi keringanan bagi pengemudi. Apalagi di sebagian wilayah, perpanjangan SIM tidak bisa dilakukan sesuai TR (telegram) Kapolri soal penutupan layanan SIM/STNK/BPKB.

“Polisi kan sudah tahu, jadi dari 29 Februari 2020 sampai 29 Juni 2020, selama masa penutupan layanan SIM, tidak akan ada penindakan penilangan bagi pengendara yang SIM-nya mati,” tegas Ahyamudin kepada Biru (Jambiseru), Jumat (29/5/2020).

Ditanya apakah TR Kapolri soal perpanjangan masa penutupan layanan SIM itu juga berlaku di wilayah hukum Polres Muaro Jambi, Ahyamudin menjelaskan bahwa TR itu berlaku bagi kondisi tertentu.

Di Polres Muaro Jambi sendiri, sampai hari ini layanan pengurusan SIM masih buka. Karena sudah sejak Februari lalu hingga kini, Polres Muaro Jambi melayani pengurusan SIM.

“Jadi saat video konfrens dengan Kakorlantas, didapat kebijakan bahwa TR itu dikembalikan ke wilayah masing-masing. Tetapi harus melihat kondisi tertentu covid-19 daerah masing-masing,” bebernya.(uda)

Baca Juga :
Dendam dengan Twitter, Trump Akan Ubah UU Medsos
Tak Bergairah Dengan Suami, Perempuan di Merangin Tiduri 2 Pria Sekaligus

Pos terkait