Bawa Surat Bertanda Gubernur, 5 Penipu Berhasil Diamankan Polisi Lalu Dilepas

borgol
Ilustrasi. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Polisi berhasil mengakankan 5 penipu yang kerap beraksi menggunakan surat bertanda gubernur. Kejadian Ini cukup mengejutkan masyarakat di Provinsi Sumatera Barat.

Pasalnya, surat yang mereka gunakan untuk meminta sejumlah uang ke beberapa instansi pemerintah bertandatangan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansarullah. Kelima pelaku mengaku jika surat yang mereka bawa tersebut asli dari gubernur.

Kasat Reskrim Polresta Kompol Rico Fernanda mengatakan, hasil dari pemeriksaan, kelima orang tersebut mengaku memiliki bukti bahwa tandatangan gubernur di dalam surat itu adalah asli.

Bacaan Lainnya

“Kami belum bisa menahan kelima orang ini, karena kelima orang ini mengaku bahwa surat itu adalah asli. Berasal dari gubernur dan orang kepercayaanya,” katanya, Selasa (17/8/2021).

Saat pemeriksaan, kata dia, kelima orang ini juga mengaku bahwa hal serupa juga pernah dilakukan pada tahun 2016 dan 2018. Ketika itu diketahui Mahyeldi menjabat sebagai Wali Kota Padang.

“Yang jelas kita belum bisa melakukan penahanan. Kita tunggu keterangan dari Bappeda Sumbar pada Sabtu depan,” katanya.

Diketahui, kelima orang yang mengunakan surat gubernur untuk meminta uang masing-masing berinisial berinisial Do (46), DS (51), Ag (36) MR (50) dan DM (36). Mereka bukan pegawai maupun honorer Bappeda Sumbar.

Kemudian satu orang di antaranya merupakan direktur perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan majalah. Perusahaan inilah diduga mengajukan permohonan kepada gubernur.

Berdasarkan data yang diterima SuaraSumbar.id, setidaknya sudah 21 pihak yang menerima surat dan telah mengirimkan uang dengan jumlah beragam ke rekening pribadi yang bersangkutan. (tra)

Sumber : Suara.com (media partner Jambiseru.com) judul asli “Polisi Tak Tahan 5 Pelaku Penipuan Pakai Surat Bertanda Gubernur Sumbar, Ini Alasannya

Pos terkait