Biaya Naik, Calon Jemaah Haji Jambi Harus Bayar Kekurangan

Terkait anggaran haji untuk ikn
Ilustrasi. Foto : Istimewa

JAMBI, Jambiseru.com – Kementrian Agama telah menetapkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2023 sebesar Rp 49.812.700 atau ada kenaikan sebesar Rp 9,4 juta. Akibat biaya haji naik, maka calon jemaah haji dari Jambi harus membayarkan kekurangannya sebelum berangkat.

Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Wahyudi Abdul Wahab mengatakan, saat ini jumlah kuota haji dari Provinsi Jambi sebanyak 2.887 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.308 orang merupakan jemaah yang masuk kategori daftar tunda, karena tidak bisa berangkat akibat pandemi.

“Mereka ini sudah melunasi pembayaran sejak tahun 2020 lalu. Jadi tidak perlu membayar kekurangan,” katanya, Jumat (17/2/2023).

Bacaan Lainnya

Wahyudi menjelaskan, untuk jemaah yang sudah melunasi pada tahun 2020 lalu, kekurangan biaya haji akan ditangguhkan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji. Sementara sisanya, yaitu 1.579 jemaah lainnya, 117 orang harus membayar kekurangan sebesaro Rp 9,4 juta dan sisanya 1.462 orang harus melunasi pembayaran sebesar Rp 23,5 juta.

Wahyudi hanya menegaskan, jika kuota yang ia sampaikan tersebut merupakan data sementara. Sebab pihaknya masih menunggu kepastian jumlah kuota haji dari Kementrian Agama. (tra)

Pos terkait