Lama Perang Dingin, Akhirnya SBY dan Megawati Duduk Satu Meja

SBY dan Mega
SBY dan Megawati terlihat sudah duduk bersama. (suara.com)

Jambi Seru– Ada pemandangan tak biasa dalam kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Lama perang dingin, akhirnya dalam acara KTT G2o Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dan Megawati Soekarnoputri duduk satu meja.

Momen Presiden ke-5 RI dan Presiden ke-6 RI itu duduk bersama terjadi saat mereka mengikuti agenda welcoming dinner di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Selasa (15/11/2022). Foto kebersamaan tersebut pertama kali dilihat publik setelah diunggah oleh kader Partai Demokrat, Jansen Sitindaon.

Dalam unggahan tersebut, Jansen Sitindaon juga menuliskan caption yang cukup menyentuh tentang perdamaian.

Bacaan Lainnya

“Damai Indonesia, foto di Bali malam ini. Dalam jamuan makan malam G20. Sehat semua untuk para pemimpin,” kata Jansen melalui akun Twitternya @jansen_jsp pada Selasa, seperti dikutip dari laman suara.com (media partner jambiseru.com) dari artike yang berjudul Dulunya ‘Perang Dingin’, Kini Megawati-SBY Duduk Satu Meja di Gala Dinner KTT G20!.

Satu meja bundar itu dipenuhi oleh jajaran pimpinan negara Indonesia. SBY tampak mengenakan batik biru berlengan panjang. Ia duduk di seberang Megawati yang mengenakan pakaian dengan warna senada.

Sementara itu, ada Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno bersama istri, Wakil Presiden ke-5 RI Hamzah Haz, dan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla beserta istri.

Ketua DPR RI sekaligus puteri dari Megawati juga ikut berfoto dari meja bundar tersebut.

Hubungan Megawati dengan SBY disebut merenggang sejak 2004. Perang dingin disebut-sebut pecah ketika Megawati mencopot SBY dari jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Setelah itu, SBY maju ke panggung politik melalui Pemilihan Presiden (Pilpres) 2004 dengan membawa bendera Partai Demokrat. Kala itu SBY maju sebagai capres didampingi Jusuf Kalla.

SBY pada saat itu mengalahkan Megawati yang berpasangan dengan Hasyim Muzadi. Kekalahan kembali ditelan Megawati saat mencoba bertarung di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009.

Memboyong Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden, Ketua Umum PDIP tersebut kembali dikalahkan SBY yang berpasangan dengan Boediono. (tra)

Pos terkait

banner pln