Google Bakal Hapus Aplikasi di Play Store: Ini Dampaknya

ilustrasi-google
Ilustrasi Google. Foto: Istimewa

Jambi Seru – Mengikuti jejak Apple, Google juga bakal hapus aplikasi di Play Store. Namun aplikasi yang dihapus merupakan aplikasi lama.

Akibat rencana google menghapus aplikasi lama di Play Store, maka dipastikan bakal menurunkan hampir sepertiga aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

Upaya Google ini mirip dengan Apple yang mau menghapus aplikasi lawas yang tak diperbarui selama dua tahun di App Store.

Bacaan Lainnya

Jika Apple menghapus sekitar 650.000 aplikasi, maka Google menghapus 869.000 aplikasi.

Mengutip Android Authority, Senin (16/5/2022), Google bakal menyembunyikan aplikasi tak diperbarui itu sehingga pengguna tak bakal menemukannya sampai pengembang aplikasi memberikan update.

Alasan kedua Google menyingkirkan aplikasi karena untuk melindungi keamanan penggunanya.

Sebab aplikasi lama tidak memanfaatkan update di Android dan iOS, Application Programming Interface (API) baru, atau metode pengembangan baru yang menghadirkan peningkatan proteksi.

Akibat itu, aplikasi lama berpotensi memiliki celah keamanan ketimbang aplikasi yang mendapatkan pembaruan.

Di saat yang sama, beberapa developer mengeluhkan kebijakan dihapusnya aplikasi yang belum menerima update selama dua tahun.

Contohnya adalah pengembang game indie, di mana mereka memang hanya memberikan update sedikit karena produknya memang dibuat sederhana.

Mereka juga merasa kalau kebijakan Apple dan Google tidak adil.

Kendati begitu, kedua perusahaan tampaknya tidak akan mengubah keputusan. Kebijakan ini juga dinilai tepat untuk melindungi keamanan pengguna. (tra)

Sumber : suara.com (media partner jambiseru.com)

Pos terkait