Waspada! Ada Hujan Meteor Ursid di Pertengahan Desember ini

Ilustrasi hujan meteor
Ilustrasi hujan meteor

Jambi Seru – Masyarakat diminta untuk waspada. Pasalnya, menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), bakal ada hujan meteor Ursid di pertengahan bulan Desember ini.

Adanya hujan meteor Ursid ini, bisa disaksikan langsung dengan mata telanjang. Sebab jatuhnya meteor itu ke bumi tidak terganggu oleh interfensi cahaya bulan.

Untuk diketahui, meteor Ursid ini adalah meteor yang berasal dari sisa debu komet 8P/Tuttle. Walaupun berukuran kecil, namun meteor tersebut akan dapat dilihat dan bahkan diabadikan dengan kamera.

Mengutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul Bersiap! Ada Hujan Meteor Ursid Bulan Ini, Catat Tanggalnya, masyarakat yang ingin mengabadikan momen tersebut dapat menggunakan kamera DSLR maupun kamera all-sky dengan medan pandang 180 derajat.

Namun berdasarkan keterangan dari BRIN, hujan meteor hanya bisa diamati dari belahan Bumi utara.

Untuk daerah yang terletak lebih dari lima derajat Lintang Selatan, hujan meteor tidak dapat terlihat.

Intensitas hujan meteor Ursid akan bervariasi antara 1-3 meteor/jam tergantung ketinggian titik radian saat sebelum matahari terbit antara 5-16 derajat di atas ufuk utara.

Berdasarkan keterangan dari peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN Andi Pangerang, hujan meteor sudah mulai aktif sejak 16 Desember 2022.

Sementara untuk intensitas maksimumnya terjadi pada 23 Desember 2022.

“Hujan meteor ini aktif sejak 16-26 Desember, dan berintensitas maksimum 10 meteor per jam saat zenit pada 23 Desember,” katanya.

Bagi Anda yang ingin mengamati hujan meteor Ursid di tanggal tersebut, disarankan untuk memantaunya pada pukul 01.00 waktu setempat hingga menjelang Matahari terbit.

Di waktu itu, kelajuan geosentrik meteor itu mencapai 118.800 km/jam. (tra)

Pos terkait