Siaga Karhutla, Dandim 0415 Jambi Siapkan Pasukan

img 20230712 wa0061
Tim siaga karhutla Dandim Jambi. Azhari Sultan/JambiSeru

JAMBI, JambiSerucom – Dandim (Komandan Kodim) 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono ko, mewaspadai potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di wilayahnya.

Meski Provinsi Jambi sudah ditetapkan status siaga darurat bencana karhutla, namun kondisi saat ini relatif masih aman.

“Dari pantauan patroli udara yang dilakukan belum lama ini, kondisi karhutla di Jambi masih relatif aman. Yang perlu diwaspadai adalah faktor cuaca,” tegasnya, Rabu (12/7/2023).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, potensi bencana kebakaran hutan dan lahan sangatlah besar dan memungkinkan hal tersebut terjadi, terutama yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam maupun faktor manusianya.

“Dengan ditetapkannya status siaga darurat bencana karhutla, maka diharapkan penanganan kebakaran hutan dan lahan dapat tertangani dan berjalan dengan baik berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) penanggulangan bencana,” tutur Eko.

Dandim menambahkan, secara umum kondisi suhu, cuaca, geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana.

Tidak hanya itu, ujar Eko, patroli udara yang dilakukan tersebut dalam rangka memantau sejauh mana potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Jambi.

“Karena lebih diutamakan pencegahan kejadian karhutla dan mengurangi dampak akibat yang ditimbulkan,” tandas Dandim.

Disamping itu, sambungnya, serta mengutamakan pendekatan dengan masyarakat berupa sosialisasi dan edukasi.

Saat ini, lanjut dia, sudah ada pos-pos yang sudah di ploting untuk mengantisipasi terjadinya karhutla sehingga cepat tertangani dan tidak melebar

“Saat ini, ditangani tingkat Korem serta berkolaborasi dengan BPBD dan unsur terkait lainnya,” jelasnya.

Bahkan, kata Dandim, 13 koramil di kodim 0415/Jambi terutama yang berada di dua kabupaten, yakni Muarojambi dan Batanghari sudah siap

“Semua personel sudah siap. Karena itu, pihaknya berharap semua pihak berperan serta mencegah terjadinya karhutla,” harap Eko.

Bagi masyarakat, katanya, agar dapat membantu mengurangi zero karhutla jangan sampai terjadi pembakaran lahan.

“Kita berharap Jambi bebas dari bencana karhutla,” tutup Dandim.(ari)

Pos terkait