Tempoyak Jambi Dijual ke Afrika Amerika Malaysia Thailand

Tempoyak Jambi berbentuk sambal yang diekspor ke manca negara
Tempoyak Jambi berbentuk sambal yang diekspor ke manca negara

Jambi Seru – Sebagai warga Jambi, mestinya kita bangga. Karena, sambal Tempoyak Jambi, kini sudah dijual ke manca negara. Negara yang mengkonsumsi tempoyak Jambi ini adalah Afrika, Amerika, Thailand, Malaysia, Singapura, China sampai Korea Selatan.

Dilansir laman Suara.com (partner Jambiseru.com), Sambal Tempoyak Jambi yang go internasional itu merek Maugi. Sambal tempoyak Jambi Maugi dirintis oleh Pendrawati (39). Sambal tempoyak Jambi Maugi diproduksi di Jalan Mayang Mangurai, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi.

Sambal tempoyak Jambi makanan khas Provinsi Jambi yang berbahan dasar dari permentasi durian.

Bacaan Lainnya

“Dari pameran tersebutlah sambal tempoyak buatannya dilabeli merek sambal tempoyak “Maugi”, hingga mulai dikenal sampai saat ini dan berhasil diekspor atas permintaan konsumen di beberapa negara seperti Afrika, Amerika, Thailand, Malaysia, Singapura, China dan ke Korea,” kata Pendrawati, dilansir laman Suara.com mengutip kantor berita Indonesia, Antara.

Konsumen di luar negeri, diakuinya suka sekali memakan sambal Tempoyak Jambi dengan cara mengoleskan sambal tempoyak ke roti sebagai pengganti selai.

Para pembeli bisa membeli sambal tempoyak Maugi langsung di gerai penjualan di Jambi dan juga ada di pasar online seperti ‘Shoope’ dengan harga mulai dari Rp24 ribu hingga Rp45 ribu per kaleng.

Awalnya produk sambal durian itu hanya dipasarkan di Kota Jambi dan sekitarnya namun seiring waktu dan promosi yang dilakukannya pada 2019 produk tersebut mengikuti ajang seleksi yang di selenggarakan oleh Kementerian Perdagangan untuk di ekspor.

Pada ajang seleksi tersebut produk sambal tempoyak merek Maugi masuk dalam lima besar unggulan untuk di ekspor, hingga dipilih untuk ikut belajar serta diikutkan pameran pada ‘Trade Expo Indonesia’ yang dimana diikuti pelaku usaha dari 120 negara.

Di pameran itu para pengunjung khususnya pengunjung luar negeri suka dengan produk sambal itu, serta menjadi tahu bahwa di Indonesia tidak hanya ada rempah-rempah dan kopi saja tetapi juga ada makanan lokal dari tiap daerah khususnya sambal tempoyak khas Jambi.(nas)

Tempoyak Jambi Dijual ke Afrika Amerika Malaysia Thailand

Baca juga :

Novel Jambi, Gadis Bersenyum Surga (1) By Monas Junior

Pertanyaan dan Jawaban yang Biasa Diajukan untuk Jambi

Opini Musri Nauli : Durian

Kamus Bahasa Jambi Lengkap, “Cantik” Sampai “Terima Kasih”

Pos terkait