Menang Voting, La Nyalla Mattalitti Dilantik Jadi Ketua DPD Jam 1 Dini Hari

La Nyalla Mattalitti ketika mendatangi Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Selasa (21/4) Antara Foto/Reno Esnir.
La Nyalla Mattalitti ketika mendatangi Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Selasa (21/4) Antara Foto/Reno Esnir.

JAMBISERU.COM – Ketua Mahkamah Agung M Hatta Ali resmi melantik La Nyalla Mattalitti sebagai Ketua DPD RI bersamaan dengan tiga wakil ketua DPD. Pelantikan dilaksanakan di Nusantara V pada Rabu (2/10/2019) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

BACA JUGA6.000 Personel Polri dan TNI Disiagakan Amankan Aksi Buruh di DPR

La Nyalla beserta tiga wakil ketuanya Nono Sampono, Mahyudin dan Sultan Bahtiar langsung diambil sumpah di bawah Al Quran. Sumpah dipandu langsung oleh Hatta Ali.

Bacaan Lainnya

“Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa negara dan daerah daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan,” ujar mereka dalam sumpahnya, dilansir dari laman Suara.com (media partner Jambiseru.com), Rabu (2/10/2019) dini hari.

“Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara NKRI,” sambungnya.

Pantauan Suara.com di lokasi, usai mengucapkan janji, keempat pimpinan tersebut langsung menandatangani surat keputusan dan penetapan.

Sementara itu, La Nyalla dalam sambutannya mengatakan keinginannya agar DPD dilibatkan dalam setiap aspek pengambilan keputusan bersama DPR dan MPR.

“Kami mohon dukungan dan kerja sama oleh seluruh anggota DPD,” ujar La Nyalla.

Sebelumnya, pimpinan DPD terpilih La Nyalla Mattalitti menjadi ketua DPD terpilih. Hal itu dilakukan usai pemilihan melalui mekanisme voting dilakukan.

Dari 134 anggota DPD yang memberikan hak suaranya, La Nyalla memperoleh 47 suara dan menempatkannya pada posisi pertama. Hal itu sekaligus membuat ia menjadi ketua DPD terpilih.

“Pimpinan terpilih yang memperoleh suara terbanyak pertama ditetapkan sebagai ketua terpilih,” kata pimpinan DPD sementara Jialyka Maharani, Selasa (1/10/2019) malam.

Secara resmi total suara yang masuk yakni sebanyak 133 suara dengan 1 suara dinyatakan tidak sah. Keseluruhan pengambilan voting itu dilakukan tanpa kehadiran dua orang anggota DPD.

Sementara itu tiga orang pimpinan DPD terpilih lainnya menjadi wakil ketua DPD. Mereka di antaranya yakni Nono Sampono 40 suara, Mahyudin 28 suara, dan Sultan Bachtiar dengan 18 suara.

BACA JUGAJembatan Ambruk di Taiwan, 7 WNI Jadi Korban

“Menetapkan saudara La Nyalla Matalitti ketua, Wakil ketua Nono Sampono, Wakil ketua dua Mahyudin, Wakil ketua tiga Sultan Bahtiar,” kata pimpinan DPD sementara Sabam Sirait. (ndy)

Pos terkait