Pengesahan APBD Merangin Molor, Kausari : Ini Disebabkan Faktor Kesehatan Bupati

Jambiseru.com – Tampaknya pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Merangin tahun 2022 bakal molor. Pasalnya, saat ini DPRD Kabupaten Merangin bersama Pemkab Merangin baru melaksanankan pembahasan Rancangan APBD Kabupaten Merangin tahun 2022. Pembahasan itu baru dimilai pada Senin (22/11/2021) kemarin.

Padahal, sesuai jadwal yang ditetapkan pemerintha pusat, Pengesahan APBD 2022 harus sudah dilakukan paling lambat tanggal 30 November 2021 ini. DPRD Kabupaten Merangi juga mengaku pesimis pengesahan APBD bisa dilakukan tepat waktu.

Seperti yang dikatakan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Merangin, Ahmad Kausari. Ia mengaku, pesimis jika pembahasan RAPBD Kabupaten Merangin tahun 2022 bisa tepat waktu sesuai aturan yang sudah ditetapkan.

“Kita juga kesulitan, dalam artian ini disebabkan faktor kesehatan pak Bupati,” katanya, Selasa (23/11/2021).

Kausari menjelaskan, sesuai aturan, penyampaian KUA dan PPAS itu tidak boleh diwakilkan. Harus Bupati yang menyampaikan secara langsung saat Paripurna. Namun karena sakit, bupati tidak bisa menyampaikan langsung.

“Jadi ini yang membuat kita molor dalam pembahasan R-APBD tahun 2022 ini,” terangnya.

Selain itu, Ketua politisi partai PAN itu juga mengungkapkan, dengan sisa waktu yang ada saat ini, pihak legislatif tidak mungkin bisa mengesahkan APBD Merangin. Karena waktunya sangat singkat, yaitu tinggal 7 hari lagi.

“Kami DPRD juga ingin APBD Merangin ini berkualitas, karena untuk kepentingan masyarakat. Bukan tiba – tiba langsung disahkan tentu harus kami bahas dulu. Waktu yang sebentar tidak mungkin,” ungkapnya.

Kausari menilai, keterlambatan pengesahan APBD Merangin tahun 2022 juga disebabkan lambannya pemerintah Kabupaten Merangin dalam penyerahan KUA dan PPAS ke DPRD Kabupaten Merangin.

“Seharusnya bulan Juli sudah diserahkan. Namun ini sudah dekat waktu baru diserahkan jadi ini yang membuat pembahasan APBD itu lama. Karena KUA itu harus kita bahas dulu di DPRD. Kita juga ingin APBD kita Merangin ini tepat sasaran sesuai keinginan masyarakat,”tandasnya. (Edo)

Pos terkait