Atasi Karhutla, Provinsi Jambi Dapat Bantuan 4 Helikopter

kabut di muarojambi
Karhutla di Muaro Jambi beberapa waktu lalau. Foto: Dok/Jambiseru.com

Jambi, Jambiseru.com – Guna mengatasi terjadi kebakaran hutan dan lahan, Pemerintah Provinsi Jambi dapat bantuan 4 unit helikopter dari pemerintah pusat. Dari 4 unit helikopter tersebut, terdiri dari 2 unit helikopter patroli dan 2 unit helikopter water bombing.

Plh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Dody Chandra mengatakan, jika bantuan helikopter tersebut datang secara bertahap, terhitung mulai 2 juni lalu.

“Yang pertama datang helikopter patroli pada 2 Juni 2023 lalu,” sebutnya, Senin (12/6/2023).

Bacaan Lainnya

Ditambahkan, kemudian pada tanggal 6 dan 8 Juni, kembali datang 2 unit helikopter water bombing. Sementara satu unit helikopter direncanakan akan datang pada Selasa (13/6/2023) nanti.

“Semua Helikopter tersebut kita siagakan di Bandara Sultan Thaha Jambi,” kata Dody.

Dody mengungkapkan, jika pihaknya sebenarnya mengajukan bantuan 6 unit helikopter, dengan rincian 2 unit helikopter patroli dan 4 unit helikopter water bombing. Namun baru 4 helikopter yang dipastikan datang ke Jambi untuk antisipasi terjadinya Karhutla.

Untuk pengoperasian Helikopter tersebut, saat ini pihak BPBD Provinsi Jambi juga masih menunggu verifikasi yang dilakukan oleh tim dari BNPB. Verifikasi ini dilakukan, guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Pos terkait