Bayern Munchen Umumkan Akan Berpisah dengan Thomas Tuchel

Komentar Pelatih Chelsea Thomas Tuchel
Thomas Tuchel. Foto : OSCAR DEL POZO / AFP

MUNICH, Jambiseru.com – Bayern Munich secara resmi menyampaikan perpisahan dengan sang pelatih, Thomas Tuchel. Tapi, mereka baru akan berpisah di akhir musim ini.

Dengan begitu, Bayern memutus kontrak Tuchel lebih awal. Sejatinya, kontrak pelatih asal Jerman itu baru akan berakhir pada 30 Juni 2025. Keputusan itu diambil setelah kedua belah pihak melakukan diskusi bersama.

“FC Bayern Munchen dan pelatih kepala Thomas Tuchel bersama-sama memutuskan untuk mengakhiri hubungan kerja yang semula berjalan hingga 30 Juni 2025, menjadi pada 30 Juni 2024. Demikian hasil diskusi konstruktif antara CEO Munich, Jan-Christian Dreesen dan Thomas Tuchel,” tulis pernyataan Munich di laman resmi mereka, Rabu (21/2/2024).

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, kabar pemecatan Tuchel sedang panas dibicarakan akhir-akhir ini setelah performa Bayern anjlok. Mereka kalah dalam tiga laga beruntun di semua kompetisi termasuk saat dibungkam VfL Bochum 2-3 di Liga Jerman 2023/2024 akhir pekan lalu.

Alhasil, kini Die Roten tertinggal delapan poin dari sang pemuncak klasemen, Bayer Leverkusen. Bahkan, mereka terancam gugur di babak 16 besar Liga Champions 2023-2024 setelah tumbang 0-1 dari Lazio pekan lalu.

Sebelumnya, Bayern juga sudah gugur di babak kedua Piala Liga Jerman 2023-2024 usai dibekuk tim kasta bawah, Saarbrucken. Kondisi itu benar-benar membuat mereka terancam mengakhiri musim ini tanpa gelar.

Kini, Bayern telah memutuskan memecat Tuchel. Mereka pun bakal mencari pelatih baru musim depan.

“Dalam diskusi yang baik dan terbuka, kami mengambil keputusan untuk mengakhiri hubungan kerja kami dengan kesepakatan bersama di musim panas. Tujuan kami adalah mengejar arah sepakbola baru dengan pelatih kepala baru untuk musim 2024/2025,” jelas CEO Munich, Jan-Christian Dreesen.

“Sampai saat itu, setiap individu di klub secara tegas diminta untuk mencapai hasil maksimal di Liga Champions dan Liga Jerman. Saya juga secara eksplisit meminta pertanggungjawaban tim dalam hal ini. Khususnya di Liga Champions, setelah kalah 1- 0 pada leg pertama di Lazio, kami yakin kami akan mencapai perempat final di Allianz Arena yang penuh sesak dan didukung oleh para pendukung kami,” ujarnya.

Tuchel belum genap setahun menukangi Bayern setelah menggantikan Julian Nagelsmann pada Maret 2023. Musim lalu, dia mampu mempersembahkan gelar juara Liga Jerman untuk Die Roten. (esa)

Sumber : iNews.id

Pos terkait