3 Pelatih Top Dunia di BRI Liga 1, Ini Daftarnya

Phangato: Luis Milla nuevo entrenador del Zaragoza (doc. google)

Jambi Seru – Kompetisi BRI Liga 1 musim 2022/2023 ini menyajikan persaingan yang seru lantaran beberapa klub memutuskan untuk menggunakan jasa pelatih top dunia.

Setidaknya, ada tiga pelatih top dunia yang saat ini melatih di Liga 1. Kiprah mereka sejauh ini cukup menjanjikan.

Ada yang mampu membawa timnya bersaing di papan atas klasemen, ada pula yang masih beradaptasi bersama tim barunya.

Bacaan Lainnya

Selain itu, publik masih menunggu kiprah pelatih top yang akan menangani Persib Bandung, yakni Luis Milla. Juru taktik asal Spanyol ini baru dipastikan jadi pelatih anyar Persib.

Berikut tiga pelatih top yang saat ini melatih di Liga 1:

1. Luis Milla (Persib Bandung)

Pelatih asal Spanyol, Luis Milla, merupakan nama juru taktik top dunia terbaru yang kini akan meramaikan persaingan di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Luis Milla sebelumnya sudah resmi diumumkan sebagai pelatih terbaru Persib Bandung, tepatnya sejak Jumat (19/8/2022), untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Robert Rene Alberts.

Sebelumnya, kiprah Luis Milla sudah dikenal publik saat mengasuh timnas Indonesia pada periode 2017-2018, meski tak ada gelar yang sukses dipersembahkan.

Luis Milla pernah mengasuh timnas Spanyol U-21 hingga menjuarai Piala Eropa U-21 2011. Saat itu, salah satu pemain andalannya ialah David de Gea, penjaga gawang MU.

2. Thomas Doll (Persija Jakarta)

Sebelum munculnya nama Luis Milla, Persija Jakarta sempat melakukan gebrakan luar biasa dengan mendatangkan pelatih asal Jerman, Thomas Doll.

Juru taktik yang menghabiskan banyak waktunya di Eropa ini sudah pernah melatih klub-klub elite seperti Borussia Dortmund hingga Hamburg SV.

Saat melatih klub yang disebut terakhir, Thomas Doll pernah bekerja dengan beberapa pemain top seperti Rafael Van der Vaart, Vincent Kompany, hingga Nigel de Jong.

Sejauh ini, kiprah Macan Kemayoran di bawah kepemimpinan Thomas Doll memang masih jauh dari harapan. Sebab, mereka baru dua kali menang. Dua laga lainnya berakhir imbang, dan satu sisanya kalah.

3. Bernardo Tavares (PSM Makassar)

Selain kedua nama di atas, pelatih top yang juga mencatatkan debutnya di Liga 1 2022-2023 ialah Bernardo Tavares, juru taktik PSM Makassar.

Bernardo Tavares sebelumnya pernah bekerja untuk menangani tim junior Benfica, Sporting Lisbon hingga menjadi pencari bakat FC Porto.

Dia bekerja bersama klub-klub elite di Portugal itu dan turut memperkaya kemampuan racik strateginya hingga kini telah mengantongi lisensi UEFA Pro.

Pos terkait