Wagub Sani Kembali Lepas Keberangkatan 374 CJH Kloter 22

wakil gubernur (wagub) jambi, abdullah sani
Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Abdullah Sani saat melepas jemaah haji.Foto: Jambiseru.com

Jambi, Jambiseru.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Abdullah Sani kembali melepas keberangkatan 374 calon jemaah haji (CJH) dari kloter 22. Para CJH ini merupakan jemaah asal Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo.

Pelepasan keberangkatan CJH haji kloter 22 ini dilakukan di Gedung Asrama Haji pada Minggu (11/6/2023) dini hari. Saat memberikan sambutan, Abdullah Sani banyak menyampaikan pesan kepada para jemaah dalam menjalankan ibadah haji nanti.

Dikatakannya, jika para jemaah yang berangkat ini merupakan orang-orang pilihan yang bisa berangkat ke Tanah Suci untuk menunaika rukun islam yang ke lima. Penantiannya juga penuh kesabaran dan keikhlasan untuk memperoleh kesempatan.

Bacaan Lainnya

” LabbaikALLAHuma Labbaik, Labbaika La Sharika Laka Labbaik, In nal hamda, Wan ni mata,Laka Wal mulk, La Sharika Lak. Tiap tahun seruan itu diucapkan jemaah haji untukmemenuhi panggilan Allah SWT, menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci sebagaipelaksanaan rukun Islam kelima,” katanya.

Wagub Jambi itu juga menyampaikan bahwa perjalanan haji bukanlah sekadar perjalanan fisik semata, tetapi juga perjalanan spiritual yang akan menguji kesabaran, ketekunan, dan ketakwaan jamaah.

Dikatakan Sani, bahwa dalam melaksanakan seluruh rangkaian Ibadah Haji dengan sempurna, baik Rukun Haji, Wajib Haji bahkan Sunah-sunah Ibadah Haji dengan penuh kekhusyuan agar menjadi Haji yang mabrur.

“Sepulang Ibadah Haji ada peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah, baik dalam konteks ibadah vertikal, Hablum Minalloh, maupun ibadah sosial berupa Hablum Minannaas. Mengingat Ibadah Haji adalah ibadah yang memiliki keseimbangan antara dimensi ritual dan social,” ungkapnya.

Sani berpesan kepada semua Calon Jamaah Haji agar senantiasa menjaga ketertiban selama dalam perjalanan dan dalam pelaksanaan ibadah haji.

“Diharapkan senantiasa mengikuti arahan dan petunjuk dari para pembimbing, baik dalam kegiatan ibadah maupun dalam berinterkasi dengan jamaah dari berbagai belahan dunia, mengingat kultur dan adat istiadat mereka banyak yang berbeda dengan kebiasan dan budaya Indonesia,” imbau Sani

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi sekali lagi saya mengingatkan kepada para jemaah haji, bahwa selain menunaikan rukun kelima rukun Islam, kepergian bapak ibu sekalian membawa nama baik daerah, dan nama baik bangsa pada umumnya, untuk itu saya mengharapkan seluruh jemaah untuk selalu menaati berbagai aturan yang ada, selalu tertib dan Hidmat dalam melaksanakan tuntutan ibadah, sehingga seluruh jemaah haji yang berasal dari Provinsi Jambi dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan sebaik baiknya serta dapat kembali ketanah air dalam keadaan sehat wal,Afiat,” pungkasnya. (tra/adv)

Pos terkait