Bertepatan HUT RI, Banten Diguncang Gempa 4,2 Magnitudo

Gempa di Sumbar
Ilustrasi Gempa. Foto : Istimewa

JAMBISERU.COM – Tepat di HUT RI ke-74, gempa bumi berkekuatan 4,2 magnitudo kembali mengguncang Banten, tepatnya di Kabupaten Lebak, Sabtu (17/8/2019).

BACA JUGA : Bercelana Panjang, Ma’ruf Amin Tak Sarungan di Peringatan HUT RI

Lindu tektonik itu mengguncang Kabupaten Lebak pukul 12.18 wib, dengan pusat gempa berkoordinat di 7.36 LS – 106.12 BT.

Bacaan Lainnya

“Tepatnya berada di laut, pada jarak 49 km darat daya Bayah, Banten, dengan kedalaman 22 kilometer,” kata Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugrogo, melalui siaran persnya.

Menurutnya, jika ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal, yang diakibatkan aktivitas gempa intraplate lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Bayah, Cikotok, Sawarna dan Panggarangan, dengan Skala Intensitas III MMI, di Cimandiri dengan Skala Intensitas II MMI.

“Hingga pukul 12.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” katanya.

Masyarakat diimbau tidak mudah percaya dengan isu yang berkembang dan tetap memantau informasi resmi, dari situs BMKG atau lembaga resmi lainnya.

BACA JUGA : Bejat! Gadis Penyandang Disabilitas Digilir 2 Pemuda di Hutan

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan, sebagai dampak gempa bumi tersebut,” jelasnya. (ndy)

Pos terkait