Kesaksian Memilukan Imigran Afganistan, Lebih Betah di Kalideres

Imigran asal Afganistan di Kalideres, Jakarta Barat. (Suara.com/Novian)
Imigran asal Afganistan di Kalideres, Jakarta Barat. (Suara.com/Novian)

JAMBISERU.COM – Javed Mohammadi (17) imigran asal Afganistan mengaku kondisinya lebih baik sejak berpindah hunian dari sebelumnya di trotoar ke eks gedung Kodim di Kalideres, Jakarta Barat.

BACA JUGARelawan Prabowo Kecewa, Dahnil: Jangan Maknai Politik dengan Permusuhan

Javed merasa bersyukur jika ia bersama imigran lainnya mendapat perhatian dari pemerintah dan warga Indonesia yang ia nilai ramah. Namun di balik kondisinya yang merasa lebih baik, ingatan Javed akan kampung halamannya masih kuat.

Bacaan Lainnya

Jika bisa memilih, sebenarnya ia lebih merasa kerasan tinggal di Kabul, Afganistan. Tetapi karena negara itu tengah dilanda perang, mau tidak mau dia lebih memilih untuk mencari suaka ke negeri lain.

Persoalan bisa sampai ke Indonesia, Javed menuturkan hal itu terjadi tanpa rencana sebelumnya.

“Jadi saya naik pesawat dari Kabul menuju India lalu melalui Malaysia baru ke Indonesia satu tahun lalu. Tidak pernah rencana memang mau ke sini,” kata Javed di Kalideres, Jakarta Barat.

Javed bercerita mengenai kisah hidupnya saat masih di Afganistan yang ia anggap sangat jauh berbeda dengan di Indonesia. Menurutnya, kehidupan di tengah perang membuat segala aktivitas menjadi sangat terbatas.

Keterbatasan itu dirasakan Javed terkait pendidikan yang menjadi terhenti lantaran perang. Pendidikannya secara formal bahkan tak sampai selesai dan terhenti saat usianya sekitar 12 tahun.

“Iya di sana semuanya terbatas. Untuk wanita bahkan tidak mendapat pendidikan di sekolah,” kata Javed.

Selain tak bisa meneruskan pendidikannya. Kondisi perang di Afganistan juga membuat Javed kehilangan banyak kerabat dan teman. Ia bercerita, beberapa orang terdekatnya tewas satu per satu di tangan kelompok militan Taliban.

BACA JUGAKecewa pada Pertemuan dengan Jokowi, Relawan Prabowo Bakar Spanduk 02

“Saya kehilangan banyak orang, bahkan saya juga kehilangan sahabat baik saya yang tewas usai dihabisi kelompok Taliban,” ujar Javed. (ndy)

Pos terkait