Profil Vladimir Putin: Pemimpin Kuat Rusia yang Berpengaruh di Dunia

Vladimir Putin
Presiden Rusia, Vladimir Putin. (ist)

JAMBI, JambiSeru.com – Vladimir Vladimirovich Putin, atau lebih dikenal sebagai Vladimir Putin, adalah salah satu tokoh yang paling menonjol dan berpengaruh dalam politik global saat ini. Dia lahir pada tanggal 7 Oktober 1952 di Leningrad (sekarang St. Petersburg). Putin memulai perjalanan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Negeri Leningrad dan telah menunjukkan minat dalam dunia olahraga sejak muda.

Setelah menyelesaikan pendidikan tingginya pada tahun 1975, Putin bergabung dengan badan intelijen Soviet dan ditempatkan di Jerman Timur. Pengalamannya di sana memberinya pemahaman mendalam tentang dunia intelijen dan keamanan nasional.

Setelah kembali ke kota kelahirannya, Putin terlibat dalam berbagai posisi administratif dan politik. Dia bahkan menjadi penasihat untuk Wali Kota St. Petersburg sebelum memulai karier politiknya yang gemilang.

Bacaan Lainnya

Karier politik Putin dimulai ketika dia menjabat sebagai Walikota St. Petersburg dari tahun 1991 hingga 1996. Kemudian, dia pindah ke Moskow dan menduduki berbagai posisi dalam pemerintahan Rusia, termasuk sebagai Staf Kepresidenan dan kemudian sebagai kepala Badan Keamanan Federal (FSB), yang merupakan penerus KGB.

Pada tahun 1999, Putin diangkat sebagai Perdana Menteri oleh Presiden Boris Yeltsin. Setahun kemudian, Yeltsin mengundurkan diri, dan Putin menggantikannya sebagai Presiden Rusia pada tahun 2000. Dia menjabat selama dua periode (2000-2008) dan selama masa kepemimpinannya, ia mengimplementasikan berbagai kebijakan ekonomi dan sosial untuk mengatasi krisis ekonomi, meningkatkan stabilitas nasional, dan mendukung pertumbuhan populasi.

Putin juga dikenal karena kepemimpinannya yang kuat dan peran aktifnya dalam isu-isu global. Setelah masa jabatan presidennya berakhir, Putin tetap berada di pemerintahan sebagai perdana menteri selama satu periode (2008-2012) di bawah Presiden Dmitry Medvedev.

Pada tahun 2012, Putin kembali terpilih sebagai Presiden Rusia dan mendapatkan gelar sebagai orang paling berkuasa di dunia sebanyak empat kali pada tahun 2013 dan 2016. Pada tahun 2018, dia terpilih kembali sebagai presiden dan memenangkan masa jabatan selama enam tahun setelah perubahan konstitusi yang memberinya fleksibilitas terhadap masa jabatan presiden.

Pada tahun 2020, Putin mengusulkan sejumlah amendemen konstitusi yang disetujui dalam referendum nasional. Amendemen tersebut memberikan Putin kesempatan untuk tetap berkuasa hingga tahun 2036 jika ia memilih untuk mencalonkan diri lagi.

Dengan karier politik yang panjang dan pengaruhnya yang besar dalam politik global, Vladimir Putin adalah salah satu pemimpin paling menonjol dan berpengaruh di dunia saat ini. (nas)

Sumber : iNewsJambi.id

Pos terkait