Piala Presiden 2019: Final Leg 1, Persebaya Ditahan Arema FC 2-2

Winger Persebaya, Irfan Jaya (kiri) beraksi pada laga leg pertama final Piala Presiden 2019 kontra Arema FC di Gelora Bung Tomo, Selasa (9/4/2019) sore WIB.
Winger Persebaya, Irfan Jaya (kiri) beraksi pada laga leg pertama final Piala Presiden 2019 kontra Arema FC di Gelora Bung Tomo, Selasa (9/4/2019) sore WIB.

Jambi Seru – Laga sengit tersaji pada leg pertama final Piala Presiden 2019, yang mempertemukan tuan rumah Persebaya kontra Arema FC dalam Derby Jawa Timur di Gelora Bung Tomo, Selasa (9/4/2019) sore WIB.  Persebaya ditahan imbang tamunya asal Malang tersebut dengan skor  2-2.

BACA JUGAJelang MotoGP AS, Valentino Rossi Latihan di ‘Rumah’ Dovizioso

Pertandingan babak pertama berlangsung sengit dengan intensitas serta tempo permainan yang tinggi. Laga baru berjalan delapan menit, Persebaya langsung unggul setelah winger Irfan Jaya mencetak gol.

Bacaan Lainnya

Setelah menerima umpan jauh dari Otavio Dutra di sisi kanan area penalti, Irfan melepaskan tembakan melengkung yang bersarang di pojok kiri gawang Arema. What a goal, Persebaya unggul 1-0!

Meski kini tertinggal, Arema sendiri tidak panik. Counter-attack cepat Arema sempat beberapa kali mengancam lini pertahanan Persebaya, sebagaimana serangan-serangan tim tamu dimotori oleh Dedik Setiawan dan Ricky Kayame.

Arema akhirnya mampu menyamakan kedudukan lewat Hendro Siswanto pada menit 33. Memanfaatkan blunder Fandi Eko Utomo yang kehilangan bola di lini tengah, Hendro kemudian menggiring bola ke dalam kotak penalti, sebelum melepaskan tendangan keras yang merobek jala gawang Persebaya. 1-1!

Skor 1-1 membuat laga kian terbuka. Kedua tim saling jual-beli serangan, namun skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama rampung.

Memasuki paruh kedua, Persebaya langsung mendapatkan peluang lewat Manuchekhir Dzhalilov. Sayang, tendangan attacker asal Tajikistan itu melambung jauh dari gawang Arema kawalan kiper Kurniawan Kartika Ajie.

Setelah itu, Persebaya membuang percuma peluang emas pada menit 51. Umpan silang Dutra gagal disundul oleh Fandi, dan juga gagal diteruskan oleh Dzhalilov.

Setali tiga uang, Arema juga gagal memanfaatkan peluang emas pada menit 60. Blunder kiper Persebaya, Miswar Saputra saat hendak melakukan sapuan, dikuasai oleh Kayame. Sayang, bintang Arema itu gagal mengarahkan bola ke gawang.

Persebaya kemudian mendapatkan penalti pada menit 71, setelah Amildo Balde dilanggar oleh Hamka Hamzah di dalam kotak terlarang.

Damian Lizio pun maju menjadi eksekutor penalti dan sukses menunaikan tugasnya dengan baik. Sepakannya ke pojok kanan bawah gawang Arema gagal dijangkau oleh kiper.

Pada menit 79, Arema kembali berhasil menyamakan kedudukan! Free kick cantik Makan Konate langsung masuk ke gawang Persebaya. Kiper Miswar praktis tak bisa berbuat banyak.

Di sisa pertandingan, tak ada gol lagi yang tercipta. Pertandingan berakhir dengan skor imbang 2-2.

Dengan hasil ini, maka Arema FC tentu diuntungkan. Pasalnya, pada leg kedua, Arema akan menjadi tuan rumah di Stadion Kanjuruhan. Laga ini rencananya akan dihelat Jumat (12/4/2019) malam WIB.

BACA JUGA : Suami Istri Ditemukan Tewas Gantung Diri Bersama-sama

Arema sudah mengantongi keunggulan gol tandang, tinggal membutuhkan hasil seri 1-1 untuk memastikan diri menjadi juara. (ndy)

Pos terkait