Wabup Jawab Pandangan Fraksi DPRD Batanghari Soal Ranperda Penyelenggaraan Perpustakaan

Wakil Bupati Batanghari, Bakhtiar
Wakil Bupati Batanghari, Bakhtiar. (Ist)

Jambi Seru – Wakil Bupati Batanghari, Bakhtiar menanggapi pertanyaan tiga fraksi yakni fraksi Partai Gerindra, Golkar dan PKS terkait lima Ranperda usulan eksekutif satu diantaranya Penyelenggaraan Perpustakaan.

Tanggapan Wabup sebagai penjelasan Pemerintah Daerah (Pemda) Batanghari itu disampaikan dalam sidang paripurna DPRD Batanghari dalam agenda jawaban pemerintah daerah terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD atas nota pengantar lima Ranperda Kabupaten Batanghari 2022.

Bakhtiar memberikan tanggapan atas Fraksi Partai Gerindra bahwa saat ini, Perpustakaan Daerah (Perpusda) Batanghari telah memiliki perpustakaan digital ibatanghari dengan memuat koleksi 1.070 judul monografh dan 2.140 eksemplar.

Bacaan Lainnya

Pada perkembangannya, ibatanghari akan dikembangkan koleksi bahan pustaka kepala daerah (Bupati dan Wakil Bupati), Bunda Baca dan Ketua DPRD Batanghari yang saat ini masih free content akan dimaksimalkan dalam ibatanghari perpustakaan sekolah tingkat SD dan SMP dalam Kabupaten Batanghari.

Hal ini bertujuan untuk mendekatkan hak informasi masyarakat Batanghari atas referensi yang benar tentunya tidak meninggalkan layanan konvensional.

“Kita juga akan mendekatkan kepada masyarakat dengan peminjaman mandiri melalui otomasi layanan dalam system delivery servis. Layanan-layanan ini juga dapat diakses sampai ke desa-desa melalui perpustakaan yang ada di desa,” katanya.

Kemudian, pandangan umum Fraksi Partai Golkar bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Batanghari pada Bidang Perpustakaan telah melakukan hal-hal diantaranya membangun layanan publik yang bersifat inklusif bagi semua lapisan masyarakat dengan melakukan peningkatan kualitas layanan baik penataan ruang pustaka, penyediaan bahan pustaka cetak maupun digital, penyediaan saranan Teknologi Informasi Komunikasi (Komputer Layanan) dan tempat berkegiatan.

“Kita melakukan kegiatan pelibatan masyarakat baik membangun kemitraan, membentuk komunitas-komunitas literasi memfasilitasi komunitas berkegiatan baik dalam kegiatan penulisan maupun kegiatan transfer pengetahuan dan kegiatan-kegiatan keberdayaan masyarakat dalam bentuk pelatihan TIK, kerajinan, dan transfer informasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Sejak 2019 Dinas Pepustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Batanghari bidang perpustakaan telah memiliki roadmap digitalisasi dalam konsep ilibrary saat ini sudah terbangun digitalisasi otomasi pengolahan bahan pustaka.

Digitalisasi otomasi layanan bahan pustaka dan telah memiliki Perpustakaan digital ibatanghari telah teregistrasi di portal aplikasi Kabupaten Batanghari.

Sejauh ini, fasilitasi gedung baru Perpustakaan Umum Kabupaten Batanghari oleh Perpustakaan Nasional RI menjadi tekad untuk menjadikan Perpusda Kabupaten Batanghari sebagai ruang publik bagi masyarakat Kabupaten Batanghari sebagai perpustakaan umum daerah yang mempunyai peran penting untuk menyediakan akses terhadap informasi yang berkualitas untuk masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

“Dalam penyelengaraan urusan perpustakaan secara teknis tidak mengalami kendala yang subtansial namun hal yang mesti dilakukan adalah memperkuat operasional urusan perpustakaan,” jelasnya.

Konsep roadmap digitalisasi elibrary yang telah terbangun baik untuk otomasi pengolahan bahan pustaka, layanan pemustaka dan perpustakaan koleksi digital ibatanghari akan terus diupayakan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan pemustaka dan penambahan fitur layanan.

Sementara, pemandangan umum Fraksi PKS terkait Ranperda tentang Penyelenggaran Perpustakaan bahwa perpustakaan terus melakukan update atas perkembangan digital dalam penyelengaraan operasional perpustakaan baik dari segi perkembangan kebutuhan layanan maupun kebutuhan bahan pustaka yang dapat diakses kapanpun.

“Ekstensifikasi layanan melalui penyediaan layanan komputer serta akses terhadap jaringan internet sebagai sumber tambahan informasi dari layanan konvensional. Teknologi informasi juga sebagai upaya perpustakaan yang tidak hanya membangun koleksi, karena perpustakaan yang baik membangun layanan, perpustakaan yang hebat membangun masyarakat,” pungkasnya.

Caption: Wakil Bupati Batanghari, Bakhtiar menanggapi pertanyaan tiga fraksi yakni fraksi Partai Gerindra, Golkar dan PKS terkait lima Ranperda usulan eksekutif satu diantaranya Penyelenggaraan Perpustakaan. (adv)

Pos terkait