Rokok Elektrik Lebih Berbahaya Bagi Jantung Daripada Rokok Biasa, Benarkah?

Produk rokok elektrik alias vape. (Dok. Suara.com)
Produk rokok elektrik alias vape. (Dok. Suara.com)

Rokok Elektrik Lebih Berbahaya Bagi Jantung Daripada Rokok Biasa, Benarkah?

JAMBISERU.COM – Pro-kontra efek samping rokok elektrik masih jadi topik penelitian yang menarik. Yang terbaru, studi mengungkap perbandingan risiko penyakit jantung antara rokok elektrik dan rokok konvensional.

BACA JUGA : Kabid Infokom Muaro Jambi Positif Kosumsi Sabu 

Bacaan Lainnya

Tim peneliti Cedars-Sinai Medical Center dalam acara bertajuk American Heart Association scientific conference di Los Angeles, Amerika Serikat baru-baru ini menemukan bahwa rokok elektrik justru ditengarai lebih berbahaya bagi jantung. Benarkah?

Tim harus melalukan perbandingan kondisi jantung 10 non perokok, 10 perokok elektrik, dan 10 perokok konvensional.

Mereka semua berusia di bawah 40 tahun dan dalam kondisi sehat. Ketika diminta melakukan olahraga ringan, alirah darah bukan perokok berfungsi baik. Sementara aliran darah perokok konvensional tetap bekerja alakadarnya.

Tetapi di antara para perokok elektrik, tidak ada peningkatan sama sekali.

“Ini menunjukkan bahwa rokok elektrik menyebabkan kelainan yang dapat menghambat pengaturan aliran darah di jantung,” kata Dr. Florian Rader, rekan penulis penelitian dan spesialis jantung di Smidt Heart Institute Cedars-Sinai.

Banyak orang mengasosiasikan rokok dengan kanker paru-paru, padahal penyakit jantung sangat berhubungan dengan kegiatan merokok dan telah menewaskan lebih banyak orang di Amerika setiap tahun.

Lewat laporan tahun 2014 dari Office of Surgeon General, merokok adalah penyebab sekitar satu dari empat kematian akibat kardiovaskular di AS setiap tahun. Dan jika rokok elektrik ternyata lebih buruk bagi jantung daripada rokok tembakau, maka implikasi kesehatan akibat rokok elektrik akan sangat besar.

Meski demikian Rader mengatakan bahwa studi yang timnya lakukan masih sangat kecil untuk mendapat jawaban yang memuaskan. Ia dan timnya juga mengaku tidak mengontrol kondisi jantung dan aliran darah perokok elektrik yang menggunakan cairan mengandung THC, senyawa mariyuana yang dituduh dapat membahayakan kesehatan.

Ilustrasi rokok elektrik (Shutterstock).
Ilustrasi rokok elektrik (Shutterstock).

“Untuk para perokok elektrik, saya rasa ini bukti dari peringatan lain, dan ini juga pembenaran untuk studi penelitian yang lebih besar,” ujarnya.

Sebagai informasi, sekitar dua ribu lebih warga AS sakit diakibatkan rokok elektrik sejak Maret 2019 ini. Banyak dari mereka adalah orang dewasa muda dan remaja dengan 40 orang diantaranya meninggal dunia.

BACA JUGA : Tukang Service AC Nekat Remas Payudara Cewek Lalu Ngacir

The Centers for Disease Control and Prevention atau CDC mengumumkan bahwa pandemi ini berasal dari senyawa umum yang ada pada rokok elektrik yaitu vitamin E asetat yang digunakan sebagai bahan pengental pada cairan rokok elektrik. (ndy)

Pos terkait