Asteroid Sebesar Piramida Giza Melintasi Bumi Akhir Bulan Ini

Ilustrasi asteroid (Shutterstock).
Ilustrasi asteroid (Shutterstock).

JAMBISERU.COM – Beberapa pekan terakhir, sejumlah batuan luar angkasa alias asteroid kerap terbang melintasi Bumi. Rupanya, rangkaian ‘hujan’ asteroid ini masih akan terus berlanjut.

BACA JUGAGara-gara Minum Soda Tiap Hari, Pria Ini Meregang Nyawa

Bahkan, NASA memperkirakan bahwa akhir bulan nanti akan ada asteroid raksasa seluas 160 meter akan melintasi Planet Biru. Saking besarnya, lembaga antariksa milik pemerintah Amerika Serikat itu mengibaratkan asteroid tersebut layaknya Piramida Giza di Mesir.

Bacaan Lainnya

Menurut laporan Dailystar yang dikutip Selasa (13/8/2019), asteroid yang diberi nama 2019 OU1 ini bakal melintasi Bumi pada 28 Agustus mendatang.

Gawatnya, batuan luar angkasa tersebut merupakan bagian dari asteroid Apollo yang melintas dekat Bumi, dan dikategorikan ke dalam kelompok asteroid yang berpotensi membahayakan Bumi.

Kategori asteroid ini sendiri dibagi berdasarkan hasil klasifikasi NASA terhadap batuan angkasa yang berjarak 0.05 astronomical unit (au) atau sekitar 7,4 juta km, serta diprediksi bisa menyapu Bumi hingga magnitudo 22.

Sementara itu, Asteroid 2019 OU1 yang mendekati Bumi diperkirakan memiliki jarak 0.00685 au. Angka ini setara dengan dua setengah kali jarak dari bulan ke Bumi.

“Jika diameternya 100 meter, asteroid tersebut akan membuat kawah dengan diameter 1 kilometer dan energi ledakannya akan sama besarnya dengan lima megaton TNT,” kata astrofisikawan Prof Kris Stanek.

BACA JUGABreaking News! 40 Jam Tenggelam, Warga Muaro Jambi Ditemukan Mengambang

“Jika itu mengenai suatu tempat yang tidak ada apa-apanya, tidak banyak yang akan terjadi. Tapi jika itu menghantam lautan, mungkin akan menimbulkan tsunami yang mengancam kehidupan,” tutur dia. (ndy)

Pos terkait