KPK Periksa 2 Tersangka Kasus Korupsi Mesin Garuda

di rumah edhy prabowo
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

JAMBISERU.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan memeriksa dua tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat dan 50 mesin pesawat Airbus A330-300 untuk PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk periode 2004-2015.

BACA JUGATertipu Modus Percepatan Haji, 59 Jemaah Gagal ke Tanah Suci

Kedua tersangka tersebut yakni petinggi PT. Mugi Rekso Abadi atau PT. MRA, Soetikno Soedarjo dan berkas Direktur Utama PT. Garuda Indonesia (Persero) periode 2004- 2015, Emirsya Satar.

Bacaan Lainnya

“Kami periksa Soetikno dan Emirsyah masing-masing dalam kapasitas sebagai tersangka,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, dilansir dari laman Suara.com (media partner Jambiseru.com), Rabu (7/8/2019).

Febri belum mengetahui, pemeriksaan kedua tersangka tersebut apakah masih terkait dengan aliran dana ke luar negeri melalui sejumlah rekening terkait kasus korupsi mesin Garuda tersebut.

Dalam kasus ini KPK telah menetapkan Soetikno dan Emirsyah Satar sebagai tersangka. Beneficial Owner Connaught International Pte Ltd itu diduga menjadi perantara suap Emirsyah. Suap tersebut diberikan Rolls-Royce kepada Emirsyah terkait pengadaan pesawat dan 50 mesin pesawat Airbus A330-300 untuk PT. Garuda Indonesia periode 2004-2015.

KPK menetapkan Emirsyah sebagai tersangka karena diduga menerima suap sejumlah 1,2 juta euro, 180 ribu dolar AS atau setara Rp 20 miliar dan dalam bentuk barang senilai 2 juta dolar AS dari Soetikno yang tersebar di Indonesia dan Singapura.

BACA JUGAViral! Tertipu Wajah kekasih, TKI Batalkan Pernikahan usai LDR 2 Tahun

Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak awal Januari 2017, penyidik KPK belum menahan Emirsyah dan Soetikno. Terakhir penyidik KPK memanggil Emirsyah pada sekitar pertengahan April 2018 lalu. (ndy)

Pos terkait