Simak, Ini 8 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa

ilustrasi puasa (Shutterstock)
ilustrasi puasa (Shutterstock)

Jambi Seru – Selama menjalani ibadah puasa, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar puasa yang kita jalani sah dan tidak batal. Terkadang beberapa hal yang kita anggap sepele pun ternyata bisa membatalkan puasa yang kita laksanakan mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam.

BACA JUGA : Emosi Istrinya Ditiduri, MS Aniaya Tetangga Hingga Tewas

Setidaknya ada 8 hal yang wajib kita perhatikan selama menjalani puasa. Jangan sampai 8 hal ini kalian lakukan saat berpuasa karena dapat membatalkan puasa.

Bacaan Lainnya

Berikut Suara.com (media partner Jambiseru.com) merangkum 8 hal yang membatalkan puasa seperti dilansir dari NU.or.id, Selasa (7/5/2019).

1. Memasukkan Sesuatu ke Lubang Tubuh

Memasukkan suatu benda ke dalam organ tubuh yang berpangkal pada orban bagian dalam atau dalam istilah fiqih disebut jauh dapat membatalkan puasa. Lubang yang dimaksud antara lain mulut, telinga dan hidung.

Namun, apabila masuknya benda ke dalam lubang secara tidak sengaja karena lupa atau belum mengetahui hukum masuknya benda ke dalam tubuh, maka orang tersebut bisa melanjutkan puasanya hingga matahari terbenam.

2. Pengobatan Melalui Dua Lubang Tubuh

Melakukan pengobatan dengan cara memasukkan obat melalui qubul dan dubur dapat membatalkan puasa. Misalnya pengobatan yang dilakukan oleh penderita ambeien atau memasang kateter urin maka hal tersebut dapat membatalkan puasa.

3. Muntah dengan Sengaja

Seseorang yang muntah dengan sengaja dapat membatalkan puasa. Namun, apabila muntah terjadi secara tiba-tiba dan tidak disengaja maka orang tersebut bisa melanjutkan puasanya hingga matahari terbenam.

4. Melakukan Hubungan Suami Istri

Melakukan hubungan suami istri saat menjalani ibadah puasa dapat membatalkan puasa yang dijalani. Bahkan, seseorang tidak hanya batal puasa saja melainkan dikenakan denda atau kafarat atas perbuatannya.

Adapun denda yang dimaksud adalah menjalani puasa selama dua bulan berturut-turut atau memberi makanan pokok senilai satu mud (0,6 kilogram beras atau 3/4 liter beras) kepada 60 fakir miskin. Denda ini diberikan sebagai ganti atas dosa yang dilakukan.

5. Keluar Air Mani

Air mani yang keluar diakibatkan aktivitas wikwikual seperti berhubungan badan ataupun masturbasi dapat membatalkan puasa. Namun, apabila keluar air mani lantaran mimpi enak di siang hari maka hal itu tidak membatalkan puasa.

6. Haid atau Nifas

Seorang wanita yang mengalami telat bulan atau nifas seusai persalinan maka dinyatakan batal puasanya. Orang yang mengalami telat bulan atau nifas berkewajiban untuk mengganti puasa di hari lain.

7. Gila

Seseorang dalam kondisi gila saat menjalani puasa maka puasanya dianggap batal. Sebab, ia dalam kondisi hilang akal atau tidak sadar.

BACA JUGA : Bulan Ramadhan, Kedai Oblong Jambi Diskon Up To 70 Persen

8. Murtad

Seseorang yang memutuskan untuk keluar dari agama Islam dan berpindah ke agama lain saat sedang menjalani puasa, maka puasanya dianggap batal. (ndy)

Pos terkait