Gaji BPD dan Kades di Muaro Jambi Bakal Naik

fahdil
Sekda Muaro Jambi, M Fadhil Arief. Foto: Uda/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM, Sengeti – Pemkab Muaro Jambi berjanji akan menaikkan gaji BPD (badan pemusyawaratan desa) dan kepala desa bakal naik pada 2020 mendatang. Gaji kepala desa, sekretaris desa akan dinaikkan sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6  tahun 2014 tentang Desa.

BACA JUGA: Oknum ASN PUPR Muaro Jambi Diduga Jadi Bandar Sabu

“Tahun depan kita naikkan, akan kita sesuaikan dengan PP No 11 tahun 2019,” kata Sekda Muaro Jambi, M Fadhil Arief menanggapi pemandangan umum Fraksi Demokrat pada sidang paripurna yang berlangsung Senin (21/10/2019).

Bacaan Lainnya

M Fadhil menjelaskan, berdasarkan PP No 11 tahun 2019, gaji kades besarannya paling sedikit Rp 2.426.640 per bulan atau setara 120 persen dari gaji pokok PNS golongan IIA.

“Nanti ADD untuk masing-masing desa akan kita tambah untuk mengakomodir kenaikan gaji kepala desa dan perangkatnya. Terkait hal ini, nanti akan kita bahas lebih lanjut,” ujar Fadhil Arief.

M Fadhil turut menanggapi pemandangan umum fraksi PDI-P yang meminta Pemkab Muaro Jambi meningkatkan gaji pegawai dan guru honorer, guru madrasah dan guru ngaji agar kesejahteraan mereka meningkat.

Terkait hal itu, Pemkab Muaro Jambi pada dasarnya sependapat. Namun, dengan keterbatasan anggaran sangat sulit untuk merealisasikannya. Perlu kajian yang matang mengingat jumlah honorer di Pemkab Muaro Jambi lebih dari seribu orang.

“Yang kita takutkan nanti malah mempengaruhi dan membebani APBD. Pemerintah pusat juga sudah melarang untuk merekrut honorer,” sebut Fadhil Arief.

Selain itu, Fadhil turut menjelaskan bahwa, khusus bagi guru honorer kategori II, Pemkab Muaro Jambi pada tahun ini telah meningkatkan gaji mereka menjadi Rp 1 juta perbulan.

BACA JUGA: Atlet Muay Thai Batanghari Wakili Provinsi Jambi di Porwil Bengkulu

“Jumlah guru honorer kategori II sebanyak 90 orang. Dan sudah kita naikkan gajinya Rp 1 juta perbulan,” tandasnya.(uda)

 

Kumpulan Berita Jambi (Jambiseru.com):

Berita Jambi di Situs Nasional, Kunjungi Link Ini
Kota Jambi
Nomor Telepon Penting di Kota Jambi
Hotel di Kota Jambi
Gaji BPD dan Kades di Muaro Jambi Akhirnya Jadi Naik 2020
Teng! Hari Ini Pemkab Tebo Mulai Gelar CAT Pelamar Calon ASN Tebo
Warga Kota Jambi yang Tersakiti, di Balik Keindahan Danau Sipin
Gaji BPD dan Kades di Muaro Jambi Bakal Naik

Pos terkait