Virus Dengue Mewabah di Pijoan, Tiga Orang Terkena DBD

fogging
Fogging di Pijoan. Foto: Uda/Jambiseru.com

Virus Dengue Mewabah di Pijoan, Tiga Orang Terkena DBD

JAMBISERU.COM, Sengeti – Virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti mewabah di Kelurahan Pijoan, Kecamatan Jaluko, Muaro Jambi. Bahkan, ada tiga orang yang terkena DBD.

BACA JUGA: Mantan Kades Kasang Lopak Alai Divonis 4 Tahun Penjara

Bacaan Lainnya

“Ada tiga penderita DBD di sana. Pagi tadi kita sudah lakukan fogging atau pengasapan,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Muaro Jambi, Apippudin, Rabu (11/12/2019).

Dikatakan Apippudin, pengasapan yang dilakukan di Kelurahan Pijoan hanya bersifat fokus tidak total. Pengasapan hanya dilakukan di wilayah tempat tinggal penderita DBD dengan radius 100 meter.

“Bukan pengasapan total, kalau total itu kan seluruh rumah yang ada di sana difogging,” ujarnya.

Selain itu, Bidan Puskesmas Pijoan, Tina yang ikut serta mendampingi petugas Dinkes Muaro Jambi melakukan fogging mengatakan, tim dinkes langsung menyisir rumah-rumah warga untuk melakukan pengasapan.

Tak hanya di dalam rumah, pengasapan dengan tujuan membasmi sarang nyamuk penyebab penyakit demam berdarah itu juga dilakukan di lingkungan rumah, seperti di pekarangan, saluran air serta kandang milik warga setempat.

“Khusus di Keluarahan Pijoan ini ada tiga kasus DBD yang ditemukan, lokasinya tersebar ada di RT 05 dan 06,” sebut Tina.

Tina menjelaskan, berdasarkan data yang diterimanya, baru-baru ini ada sebanyak 10 penderita DBD yang ditemukan di wilayah tugas Puskesmas Sungai Duren.

Kasus itu ditemukan di Desa Mendalo Indah sebanyak 4 kasus, Mendalo Darat 1 kasus, Desa Muaro Pijoan 1 kasus, Desa Simpang Sungai Duren 1 kasus dan di  Kelurahan Pijoan 3 kasus.

BACA JUGA: 160 Calon Anggota Panwascam Muaro Jambi Lulus Adminitrasi

“Data yang saya terima dari Puskesmas Sungai Duren totalnya ada 10 kasus, nah di wilayah kami di Keluarahan Pijoan ini ada 3 kasus,” pungkas Tina.(uda)

Pos terkait