Lomba Ambil Koin Pakai Mulut di Hari Kemerdekaan RI, Amankah?

Lomba ambil koin untuk rayakan 17 Agustus (Instagram/@gemmang22)
Lomba ambil koin untuk rayakan 17 Agustus (Instagram/@gemmang22)

JAMBISERU.COM – Pada Hari Kemerdekaan RI, semua orang memeriahkannya dengan mengadakan berbagai macam lomba. Biasanya diikuti oleh anak-anak hingga orang dewasa.

BACA JUGA : Bejat! Gadis Penyandang Disabilitas Digilir 2 Pemuda di Hutan

Beberapa lomba yang biasanya selalu hadir di 17 Agustus seperti makan kerupuk, pecah air, hingga mengambil koin.

Bacaan Lainnya

Dalam lomba ambil koin biasanya menggunakan uang koin yang dipasangkan ke terong atau media buah lainnya lalu dilumuri petis. Lantas peserta lomba diminta mengumpulkan koin menggunakan mulut dalam durasi waktu yang ditentukan.

Tetapi, apakah lomba mengambil koin dengan mulut ini aman untuk kesehatan anak-anak hingga orang dewasa?

Penelitian oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dilansir dari Surrey Live menemukan ada banyak bakteri berbeda yang hidup di dalam uang koin dan uang kertas.

Peneliti lantas menemukan adanya bakteri staphylococcus aureus (MRSA) dan enterococcus faecium (VRE) dalam uji laboratorium uang koin. Kedua bakteri tersebut memiliki strain yang dapat resisten terhadap antibiotik.

Selain itu, peneliti juga menemukan ada bakteri udara yang bisa mengancam jiwa yakni listeria.

Profesor lainnya juga mengatakan ada banyak mikroorganisme yang tumbuh di atas logam atau uang koin.

Jangankan memasukkan koin ke dalam mulut. Dilansir dari Net Doctor, peneliti menyarankan segera mencuci tangan setelah memegang uang koin, apalagi uang koin diyakini lebih banyak bakteri daripada uang kertas.

Hal itu karena mikroorganisme pada uang koin bisa menyebabkan bintik-bintik, bakteri kulit yang tidak berbahaya, bakteri yang juga ditemukan di kemaluan wanita, mikroba dari mulut, virus dan DNA hewan peliharaan.

BACA JUGA : Tobat Rambut Bondol, Indy Barends Disebut Mirip Tukang Parkir sama Anak

Dengan begitu, mengambil uang koin dengan mulut tentu saja lebih berisiko karena bakteri berbahaya bisa langsung menyebar melalui mulut. (ndy)

Pos terkait