Siang Ini DPR Sahkan 5 Pimpinan KPK Terpilih di Sidang Paripurna

Sejumlah calon pimpinan (capim) KPK mengikuti tes profile assessment di gedung Lemhanas, Jakarta, Kamis (8/8). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak]
Sejumlah calon pimpinan (capim) KPK mengikuti tes profile assessment di gedung Lemhanas, Jakarta, Kamis (8/8). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak]

JAMBISERU.COM – Komisi III DPR RI telah menetapkan lima pimpinan KPK terpilih sekaligus menunjuk Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK yang baru. Selanjutnya, dewan akan melakukan paripurna pengesahan pimpinan KPK yang baru pada Senin (16/9) hari ini.

BACA JUGAICW Sebut Revisi UU KPK Sarat Dugaan Konflik Kepentingan

Pengesahan tersebut dilakukan melalui rapat paripurna yang dijadwalkan bakal digelar siang hari ini. Hal tersebut dibenarkan oleh Sekjen DPR RI Indra Iskandar.

Bacaan Lainnya

“Iya jam 13.00 WIB,” kata Indra kepada wartawan, dilansir dari laman Suara.com (media partner Jambiseru.com), Senin (16/9/2019).

Diketahui, sebelum disahkan, Komisi III DPR RI akan melaporan hasil fit and proper test capim KPK yang menghasilkan lima pimpinan KPK terpilih. Di antaranya Firli Bahuri, Nawawi Pomolango, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, dan Lili Pintauli Siregar.

Selanjutnya, rapat paripurna bakal membicarakan tingkat II dan pengambilan keputusan terhadap RUU tentang Perkawinan. Lalu berlanjut dengan penetapan nama-nama anggota pansus pemindahan ibu kota, yang disusul dengan penetapan nama-nama anggota pansus dan RUU tentang Keamanan dan Ketahanan Siber.

Dalam paripurna itu, akan ada juga sejumlah agenda yakni, laporan hasil kerja BAKN DPR RI tahun 2018-2019, laporan tim pengawas DPR RI terhadap perlindungan pekerja migran Indonesia, laporan tim pengawas DPR RI terhadap pelaksanaan penanganan bencana, laporan tim penguatan diplomasi perlemen DPR RI, dan laporan tim pemantau DPR RI terhadap pelaksanaan undang-undang terkait Otsus Aceh, Papua dan Keistimewaan DIY.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan bahwa surat terkait pimpinan KPK terpilih yang baru saja ditetapkan oleh Komisi III melalui mekanisme voting sudah masuk ke meja pimpinan.

Kendati begitu, ia mengaku belum membaca secara langsung surat tersebut. Hanya saja, lima pimpinan KPK terpilih tersebut akan segera disahkan melalui Rapat Paripurna pada Senin (16/9/2019).

BACA JUGA : Kilang Minyak Arab Saudi Diserang, Berimbas Negatif ke Nilai Tukar Rupiah

“Ya kami sudah mendengar surat, saya belum baca tapi saya mendengar dari Sekretariat DPR bahwa surat dari pimpinan Komisi III sudah masuk ke meja pimpinan dan mereka meminta agar hari Senin langsung diadakan pengesahan di paripurna,” kata Fahri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019). (ndy)

Pos terkait