Harimau Berkeliaran Dekat Pemukiman, Warga Bungo Resah

harimau sumatera
Ilustrasi Harimau Sumatera. (Shutterstock)

JAMBISERU.COM, Bungo – Munculnya Harimau di kawasan hutan, tidak jauh dari pemukiman, membuat Warga Dusun Buat, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo resah.

BACA JUGA: Petisi Cabut Blokir Internet di Papua Telah Diteken 22.000 Orang Lebih

Informasi yang diperoleh, munculnya harimau itu membuat warga sekitar takut untuk beraktivitas di kebun. Bahkan pada setiap malam warga juga dihantui rasa takut yang sangat luar biasa, karena harimau tersebut bisa saja masuk ke pemukiman.

Bacaan Lainnya

“Sudah banyak warga yang melihat kemunculan harimau di hutan dekat kebun dan pemukiman warga. Karena sudah banyak yang melihat jadi sebagian warga yang ingin menyadap karet jadi was-was,” terang Irwan, salah satu tokoh pemuda setempat dikutip dari Sidakpost.id–media partner Jambiseru.com.

Rio (kades-red) Dusun Buat Muhammad Sukri, dikonfirmasi membenarkan bahwa, pihaknya telah mengirim surat pemberitahuan ke UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Bungo, Unit 2 dan 3, hari ini Sabtu (31/08) sudah ditandatangan.

“Surat tersebut sudah kami sampaikan kepada pihak UPTD KPHP Bungo, karena warga kami sekarang sudah sangat resah dan ketakutan. Akibat kemunculan harimau di kawasan hutan di dekat dusun kami,” kata M Sukri, Sabtu (31/8/2019).

Sambung M Sukri, kemunculan harimau sangat mencemaskan banyak warga yang beraktivitas di kebun dekat kawasan hutan tersebut. Jaraknya juga tidak begitu jauh dari pemukiman warga. Jadi sebelum memakan korban pihak KPHP cek ke lokasi.

“Kami atas nama pemerintah dusun Buat, sangat berharap pihak UPTD KPHP Bungo bisa langsung turun ke lokasi. Karena kalau mereka turun pasti bisa menyelamatkan satwa yang dilindungi itu, dan warga kami bisa tenang dalam beraktivitas,” harap M Sukri.

Sementara itu, kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Bungo, Unit 2 dan 3, Dendi Wisnu Nurgoho melalui Kasatgas Mitigas Konflik Satua Dengan Manusia, Hendrik Harahap, S.Hut mengatakan, kalau memang masyarakat ada yang melihat harimau tersebut ada baiknya, tidak melakukan tindakan sendiri.

BACA JUGA: Datang ke Persemayaman Ibunda, Tangis SBY Pecah

“Kalau memang ada masyarakat yang melihatnya maka kami berharap tidak bertindak sendiri, oleh karena itu, dihimbau kepada masyarakat tetap berhati-hati. Kalau memang benar informasi itu, maka kita akan turun ke lokasi mengecek terkait kemunculan harimau di hutan dekat pemukiman warga,” tuturnya, Sabtu (31/8). (put)

Pos terkait