Kabut Asap, 84 Warga Rantau Pandan Terserang ISPA

ispa
Puskesmas Rantau Pandan saat melayani warga yang terserang ISPA. Foto: Sidakpost.id

JAMBISERU.COM, Bungo – Bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bungo, sudah memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan masyarakat.

BACA JUGA: Mantan Wawako Jambi Dukung Alharis? Abdullah Sani: Ya, Baru Sebatas Silaturahmi

Informasi yang diperoleh, dari Puskesmas Rantau Pandan, sudah 84 orang terserang infeksi saluran pernafasan (ISPA) akibat bencana kabut asap beberapa hari terakhir pada bulan September ini.

Bacaan Lainnya

Kepala Puskesmas Rantau Pandan, M Junaidi, SKM. Saat dikonfirmasi mengatakan, akibat dari kabut asap, warga Rantau Pandan, sudah mulai terserang ISPA. Angka ini, meningkat dari bulan sebelumnya.

“Bulan agustus ada 68 terserang ISPA, sedangkan bulan September mengalami peningkatan. Rata-rata yang terserang ISPA, dari kalangan orang dewasa,” kata
Junaidi.

Dikatakan, penyebab ISPA bisa diakibatkan oleh bakteri, visus dan pencemaran udara. Jadi kalau masyarakat terserang ISPA harus ditangani dari awal, sehingga tidak berakibat fatal terhadap kesehatan lain.

BACA JUGA: Setiap Hari, Ada Lahan Terbakar di Kota Jambi

“Selama kabut asap ini, pelayanan di UGD terus ditingkatkan dalam melayani masyarakat. Kita berharap, selama kabut asap masyarakat keluar rumah gunakan masker,” tukasnya. (put)

Pos terkait