Batam Akan Miliki Pelabuhan Baru : Untuk Tekan Biaya Logistik

Batam Akan Miliki Pelabuhan Baru
Foto istimewa.

Jambi Seru – Dalam beberapa tahun ke depan, Kota Batam akan memiliki pelabuhan baru. Pembangunan pelabuhan baru ini dilakukan pemerintah, guna menekan biaya logistik yang masih tinggi. Selain itu, juga sebagai upaya penataan pelabuhan di Indonesia agar lebih efisien.

Adanya rencana pembangunan pelabuhan baru di Kota Batam ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. Dikatakannya, pembangunan pelabuhan baru di Batam merupakan salah satu upaya pemerintah menurunkan biaya logistik di Indonesia yang masih cukup tinggi.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Kementrian Ingatkan Pengusaha Soal Hilirisasi Hasil Tambang

Bacaan Lainnya

“Saat ini biaya logistik masih sekitar 23 persen, sementara di negara lain sudah rata-rata 13 persen. Kami menargetkan biaya logistik turun sampai 17 persen pada tahun 2024, kalau bisa lebih cepat,” ujar Luhut dalam keterangannya pada Selasa (25/1/2022).

Menko Luhut juga menuturkan, bakal melakukan penataan pelabuhan-pelabuhan eksisting yang ada di Batam.

Untuk diketahui, saat ini di Pulau Batam terdapat sejumlah pelabuhan eksisting yaitu, Pelabuhan Batu Ampar, Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Nongsa Pura, Pelabuhan Batam Center, Pelabuhan Kabil, dan Pelabuhan Telaga Punggur.

“Nantinya Pelabuhan di Tanjung Pinggir ini akan dibuat menjadi green and smart port,” imbuh Luhut.

Pelabuhan di Tanjung Pinggir ini diproyeksikan akan lebih besar dari Pelabuhan Tanjung Priok dan akan diintegrasikan dengan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Saat ini luas lahan yang ada di Tanjung Pinggir seluas 94 hektare dan selanjutnya akan diperluas hingga 330 hektare dengan kedalaman airnya sekitar 40 meter.

Sementara, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, lokasi calon pelabuhan baru di Batam ini sangat strategis karena berhadapan langsung dengan pelabuhan besar di Singapura.

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Bisa lihat di:

1. Facebook Jambi Seru

2. Instagram Jambi Seru

3. Twitter Jambi Seru

4. Google News Jambi Seru

JANGAN LUPA FOLLOW, LIKE DAN SHARE MEDSOS JAMBISERU.COM

Informasi dan ingin kegiatan Anda diliput, hubungi redaksi Jambi Seru HP/WA : 0852-6759-9009 (Whatsapp Klik di sini )

Pos terkait