Jokowi Kasih Bocoran Menteri Baru di Kabinet Kerja Jilid II

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan kepada wartawan seusai bertemu dengan 10 orang pimpinan MPR di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (16/10) (Antara/Desca Lidya Natalia)
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan kepada wartawan seusai bertemu dengan 10 orang pimpinan MPR di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (16/10) (Antara/Desca Lidya Natalia)

JAMBISERU.COM – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan komposisi kabinet periode kedua akan diisi oleh wajah-wajah baru. Kendati demikian, kata Jokowi ada menteri-menteri lama yang akan dipertahankan untuk membantunya di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

BACA JUGA : Soal Posisi di Gerindra, Sandiaga Uno: Saya Serahkan ke Prabowo

Namun ia tak menyebut siapa-siapa menteri yang akan dipertahankan kembali membantunya di periode kedua. Ia juga tak menyebut menteri-menteri baru di kabinet periode kedua.

Bacaan Lainnya

“Ya adalah (yang dipertahankan), yang lama ada. Yang baru banyak,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, dilansir dari laman Suara.com (media partner Jambiseru.com), Rabu (16/10/2019).

“Belum dihitung persentasenya,” lanjut Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan nomenklatur kementerian sudah selesai disusun. Kata Jokowi, bakal ada nomenklatur baru dalam kabinet selanjutnya. Sementara itu, Jokowi mengatakan dirinya akan segera mengumumkan nama -nama menteri setelah pelantikan.

“Ya secepatnya setelah pelantikan,” tandasnya.

Presiden tampaknya membuka ruang untuk kubu oposisi bergabung dalam kabinet. Apalagi Presiden pada pekan lalu bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Oktober 2019 dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada 11 Oktober 2019.

Prabowo Subianto usai melakukan pertemuan dengan Jokowi di Istana Merdeka pun sudah melakukan safari politik ke sejumlah ketua umum partai koalisi Jokowi. Mulai dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarmoputri, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Hal itu diramal sebagai upaya Gerindra agar ada salah satu anggota dari partainya bisa duduk di kursi pemerintahan.

BACA JUGASidang Perdana Anggota SMB Dikawal Ketat

Susunan kabinet pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin memang sudah dipastikan rampung. Namun, masih terbuka kemungkinan formasi kabinet berubah. (ndy)

Pos terkait