Kerinci Diguyur Hujan Es

hujan es
Capture: Facebook/Rhiceel Askhaal Cell

JAMBISERU.COM, Kerinci – Fenomena alam langka hujan es kembali terjadi di Kabupaten Kerinci, kali ini hujan terjadi di bawah kaki Gunung Kerinci, Kayu Aro, Rabu (21/8/2019).

BACA JUGA: Setubuhi Sepupu ABG Hingga Hamil, Warga Jambi Timur Diciduk

Dari informasi yang dihimpun, hujan es menguyur sekitar kaki gunung Kerinci sekitar jam 15.00 wib, kejadian ini juga di posting akun Facebook Rhiceel Askhaal Cell, dalam postingan itu pemilik akun menggunggah beberapa vidio dan foto saat berada di kebun di bawah kaki gunung.

Bacaan Lainnya

Warga lainnya, Ermanelis, mengatakan sebelum hujan turun, wilayah Kayu Aro dan sekitarnya sedang musim kemarau.

“Suaranya cukup keras ketika es jatuh di atas atap. Namun warga tetap gembira, karena tanaman di ladang yang kering mendapat air hujan,” ucapnya dilansir Sidakpost.id–media partner Jambiseru.com.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geo Fisika (BMKG) Kerinci, Mardiansyah, mengatakan hujan es biasanya terjadi di suatu daerah yang sangat lokal.

“Durasinya juga singkat, dengan durasi tujuh sampai 12 menit. Syarat terjadinya hujan es, adalah adanya awan CB,” kata dia.

Sama halnya dengan angin puting beliung, yang juga terjadi akibat adanya awan CB.

“Ini terjadi lantaran ada awan CB dengan tinggi dasar awan yang sangat dekat dengan permukaan tanah, dan di bawah awan, suhu udaranya sangat dingin,” ucapnya.

Dengan demikian, awan CB yang merupakan kristal yang mulai jatuh sebagai hujan, akibat dorongan angin kencang dari awan CB tidak sempat mencair.

BACA JUGA: Rekannya Disebut Monyet, Mahasiswa Papua di Bogor Bergerak

“Di bawah permukaan awan juga dingin, sehingga butir es tersebut jatuh ke permukaan tanah. Ini terjadi pada musim peralihan, saat ini peralihan musim hujan ke musim kemarau,” katanya lagi. (put)

Pos terkait