Harga Minyak Goreng Dijanjikan Luhut Bakal Turun

jokowi tak mau divaksin
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan . (Ist)

Jambi Seru – Harga minyak goreng yang tinggi saat ini, dijanjikan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, akan turun dalam dua minggu ke depan. Nantinya, menurut Luhut, harga minyak goreng akan menjadi Rp 14 ribu per liter.

Luhut dalam keterangannya, berjanji akan menurunkan harga minyak tersebut dalam dua sampai tiga minggu ke depan.

“Dalam 2-3 minggu ke depan akan kita lihat situasi akan membaik,” kata Luhut dalam konferensi pers virtualnya, Minggu (5/6/2022).

Bacaan Lainnya

Menurut dia berdasarkan hasil analisis tim, kunci untuk menurunkan harga migor adalah soal realisasi distribusi di lapangan yang harus berjalan baik. “Ini adalah kunci pengendalian harga yang baik,” ujarnya.

Ia mencontohkan, ada beberapa daerah yang harga minyak gorengnya sudah mendekati HET. “Sebagai contoh di Banten dan Jawa Tengah, harga minyak goreng curah sudah mendekat HET. Hal ini terjadi karena distribusi dari produsen ke distributor besar 1 atau D1 menuju D2, hingga pengecer berjalan lancar,” tuturnya.

Sementara di Jakarta, kata Menko Luhut harga minyak goreng curah relatif lebih tinggi dari HET. Menurutnya hal ini terjadi karena rasio barang yang diterima hingga tingkat pengecer menurun drastis.

“Ini sekarang kita kejar, tetapi tetap ketersediaan minyak goreng kami dorong di lapangan,” tagas Luhut.

Tak hanya itu, Luhut juga bilang kasus lainnya terjadi di Jawa Barat. Dari sisi distribusi, data menunjukkan jumlah mencukupi namun di lapangan harga minyak goreng curah masih relatif tinggi.

“Setelah kami turunkan tim di lapangan, kami menemukan bahwa terdapat indikasi praktik monopoli. Meski barang telah didistribusi hingga ke pengecer, perusahaan-perusahaan distributor 2 dimiliki oleh satu orang saja,” paparnya.

Dia menegaskan, dari sisi hulu bahwa pemerintah ingin memastikan kesejahteraan petani sawit. Sementara di sisi hilir pemerintah juga harus menjamin masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng dengan harga wajar. (tra)

Sumber : suara.com (media partner jambiseru.com)

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Pos terkait

hut tanjabar banner pln