Panasnya Perang Dagang Dorong Rupiah Bergerak Melemah Hari Ini

hilangkan dollar
Uang dolar dan rupiah. (Ist)

JAMBISERU.COM – Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra memprediksi pergerakan rupiah pada awal pekan ini bisa berbalik melemah.

BACA JUGAMelihat Prediksi Pergerakan IHSG di Awal Pekan Ini

Menurut pengamatannya, pelemahan rupiah didorong dari sentimen perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China yang memanas kembali. Aksi saling balas tarif antara kedua negara meningkatkan kekhawatiran pasar bahwa perang dagang akan makin panjang dan bisa berujung pada pelambatan ekonomi global. “Rupiah berpotensi bergerak ke arah Rp 14.300 dengan support di Rp 14.210,” kata Ariston Tjendra dalam riset hariannya di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data Bloomberg, pergerakan rupiah pada Jumat pekan lalu (23/8/2019) berada di level Rp 14.215 per dolar AS. Level itu menguat dibandingkan Kamis sebelumnya di level Rp 14.239 per dolar AS.

BACA JUGA : Diduga Korban Carok, Hersi Tewas Bersimbah Darah

Sementara, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, rupiah pada Jumat pekan lalu berada di level Rp 14.249 per dolar AS. Posisi itu melemah dibandingkan pada Kamis sebelumnya yang berada di level Rp 14.234 per dolar AS. (ndy)

Pos terkait