Hari Ini Banten Gempa Berkali kali

Gempa hari ini - ilustrasi
Gempa hari ini - ilustrasi

BANTEN, JambiSeru.com – Hari ini terjadi gempa berkali kali di Selat Sunda, Banten. BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) mencatat, 29 kali gempa susulan mengguncang pada Rabu (10/5/2023) pukul 11.24 WIB.

Gempa terakhir terjadi dengan parameter update Magnitudo M5,1 sore ini pukul 17.48 WIB.

“Gempa bumi ini merupakan rangkaian gempa selat sunda M5,4. Hingga pukul 17.54 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 29 (dua puluh sembilan) aktivitas gempabumi,” ucap Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resminya, Rabu (10/5/2023), dilansir inewsjambi.id.

Bacaan Lainnya

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,49° LS ; 104,83° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 58 km arah selatan Pematang Sawa, Tanggamus, Lampung pada kedalaman 10 km.

Daryono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Bandar Lampung, Tanggamus dan Pesawaran dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu) di daerah Liwa dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Daryono.

Daryono pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(nas)

Sumber : iNews.id

Pos terkait